Liswarani, Dinda (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH SYAFI’IYAH (MASS) TEBUIRENG JOMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB) | Preview
BAB I .pdf
Download (310kB) | Preview
BAB II .pdf
Download (729kB) | Preview
BAB III .pdf
Download (430kB) | Preview
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (484kB) | Request a copy
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB) | Request a copy
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran IPA tidak dapat dilakukan dengan menghafal atau secara pasif mendengarkan guru menjelaskan konsep. Sebaliknya, siswa harus melakukan pembelajaran secara aktif melalui percobaan, pengamatan, dan eksperimen. Pembelajaran yang efektif adalah proses mengajar yang tidak hanya berfokus pada apa yang dipelajari siswa, tetapi juga bagaimana proses tersebut dapat memberikan peserta didik pemahaman, kecerdasan, ketekunan, kesempatan, dan kualitas yang lebih baik, Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray pada materi Sistem Sirkulasi Kelas XI IPA MASS Tebuireng Jombang menjadi bahan penelitian dengan hipotesa adanya pengaruh penerapan model tersebut dengan hasil prestasi. Menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design. Menggunakan data hasil pretest dan posttest pada satu kelompok siswa dengan perlakuan model Pembelajaran Two Stay Two Stray pada 37 siswa kelas XI. Analisis menggunakan metode Statistik dengan menguji pengaruh dari satu kelompok uji dengan data pretest dan posttest ditunjang dengan hasil analisis repon positig klasikal siswa. Adanya peningkatan hasil belajar yang ditunjukkan dari perubahan nilai pretest dan nilai postest dengan rata-rata nilai pretestnya adalah 66,69 dan rata-rata nilai posttestnya adalah 87,57. Dan hasil Respon Positif Klasikal siswa sebesar 60%. Hasil uji Wilcoxon yang diperoleh Asymp. Sig. (2- tailed) adalah 0,00 < 0,00 sehingga disimpulkan Ho nya ditolak. Ketika Ho ditolak menunjukkan bahwa terjadi perbedaan yang signifikan atau model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh pada hasil belajar Biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Student ID: | 201710070311156 |
Keywords: | Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Respon Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205) |
Depositing User: | 201710070311156 dindafatimahliswarani |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 03:13 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 03:13 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10632 |