PENGARUH KONTROL DIRI, DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA AKHIR

Putri, Rahayu Eka (2024) PENGARUH KONTROL DIRI, DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA AKHIR. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku seksual pranikah di kalangan remaja semakin meningkat dan menjadi perhatian serius dalam konteks kesehatan reproduksi. Faktor-faktor seperti kontrol diri dan dukungan teman sebaya menjadi fokus penelitian untuk memahami pengaruhnya
terhadap perilaku seksual pranikah.Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara kontrol diri (X1), dukungan teman sebaya (X2), dan perilaku seksual pranikah pada remaja akhir. Sampel penelitian terdiri dari 199 remaja akhir yang menjalani proses penelitian melalui metode kuesioner. Instrumen pengukuran yang digunakan meliputi skala perilaku seksual pranikah, Brief Self Control Scale (BSCS), dan Peer Social Support-Friends (PSS-Fr). Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana dan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas remaja akhir memiliki tingkat kontrol diri dan dukungan teman sebaya yang tinggi. Temuan juga mengungkapkan bahwa kontrol diri dan dukungan teman sebaya secara signifikan mempengaruhi perilaku seksual pranikah pada remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201910230311247
Keywords: Dukungan Teman Sebaya, Kontrol Diri, Perilaku Seksual Pranikah, Remaja Akhir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: 201910230311247 rahayueka02
Date Deposited: 12 Aug 2024 05:40
Last Modified: 12 Aug 2024 05:40
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10018

Actions (login required)

View Item
View Item