LITERATURE REVIEW: TREND DAN RAGAM KOMPETENSI BIOLOGI PADA PENERAPAN MEDIA AUGMENTED REALITY

Effendi, Ananda Rita (2024) LITERATURE REVIEW: TREND DAN RAGAM KOMPETENSI BIOLOGI PADA PENERAPAN MEDIA AUGMENTED REALITY. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (539kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy

Abstract

Augmented Reality adalah teknologi yang meghubungkan dunia nyata dengan dunia maya, Augmented Reality menghadirkan suatu objek berupa video atau foto/ gambar ke dunia nyata dalam bentuk tiga dimensi. Kontribusi Augmented Reality terhadap peningkatan kompetensi biologi efektif dengan peningkatan signifikan pada setiap ragam kompetensi yang diterapkan dengan Augmented Reality. Jurnal yang dimuat dalam artikel terindeks SINTA yang bertujuan untuk mengetahui trend jumlah publikasi, ragam desain penelitian, ragam kompetensi yang di ukur, distribusi subjek penelitian pada publikasi. Hasil menunjukkan trend jumlah publikasi mengalami kenaikan di setiap tahunnya, ragam desain penelitian yang paling banyak digunakan dalam penelitian yaitu Eksperimen berjumlah 11, Research & Development (R&D) berjumlah 9, kemudian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang paling sedikit berjumlah 2, jumlah ragam kompetensi yang mendominasi yaitu motivasi belajar siswa dengan jumlah 4 dengan persentase 23%, subjek penelitian yang tertinggi berada pada tingkat SMA dengan jumlah 18 dan yang paling terendah berada pada tingkat perguruan tinggi dengan jumlah 4. Kontribusi Augmented Reality terhadap peningkatan kompetensi biologi efektif dengan pengaruh peningkatan yang cukup signifikan pada setiap ragam kompetensi yang dipadukan dengan Augmented Reality dapat dilihat dari peningkatan pada keterampilan berpikir kritis dan berpikir tingkat tinggi HOTS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201710070311159
Keywords: Augmented Reality, Literatur Review, Kompetensi Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: 201710070311159 anandaritaeffendi
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:25
Last Modified: 20 Aug 2024 01:25
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10633

Actions (login required)

View Item
View Item