Pembelajaran I-CARE Berbantuan Praktikum: Peningkatan Problem�Solving Skills dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jaringan Hewan

Triani, Liliek and Wahyuni, Sri and Purwanti, Elly and Miftachul Hudha, Atok and Fatmawati, Diani and Husamah, H. (2018) Pembelajaran I-CARE Berbantuan Praktikum: Peningkatan Problem�Solving Skills dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jaringan Hewan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4 (2). pp. 158-168. ISSN 2477-4820

[thumbnail of Triani Purwanti Hudha Fatmawati Husamah - Pembelajaran I-CARE Berbantuan Praktikum.pdf]
Preview
Text
Triani Purwanti Hudha Fatmawati Husamah - Pembelajaran I-CARE Berbantuan Praktikum.pdf

Download (458kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Triani Purwanti Hudha Fatmawati Husamah - Pembelajaran I-CARE Berbantuan Praktikum.pdf]
Preview
Text
Similarity - Triani Purwanti Hudha Fatmawati Husamah - Pembelajaran I-CARE Berbantuan Praktikum.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Problem-solving skills dan hasil belajar biologi yang baik perlu dimiliki para siswa. Kedua hal
tersebut masih rendah di SMAN 8 Malang sehingga perlu penerapan pembelajaran inovatif. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis (1) keterlaksanaan pembelajaran, (2) peningkatan problem-solving
skills, dan (3) peningkatan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan di
SMAN 8 Malang melalui pembelajaran I-CARE berbantuan praktikum. Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) ini dilaksanakan dalam empat siklus dengan tahapan tiap siklus adalah perencanaan, tindakan,
observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-2 yang berjumlah 30
orang. Metode pengumpulkan data adalah observasi dan tes formatif. Instrumen penelitian terdiri atas
tiga, yaitu lembar tes, lembar penilaian problem-solving skills, dan lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran yang dilakukan lima observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan
keterlaksanaan pembelajaran dari indikator aktivitas guru sebanyak 25% (Observasi: 65%; Siklus IV:
90%) dan indikator aktivitas siswa sebanyak 30% (Observasi: 62%; Siklus IV: 92%), (2) Peningkatan
problem-solving skills sebanyak 18 poin (Observasi: 68; Siklus IV: 86); dan (3) peningkatan hasil
belajar sebanyak 20 poin (Observasi: 66; Siklus IV: 86). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran I-CARE berbantuan praktikum meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran, problemsolving
skills,
dan
hasil
belajar
siswa.

Item Type: Article
Keywords: berpikir kritis, hasil belajar, I-CARE, jaringan hewan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: atok Atok Miftahul Huda, Drs., M.Pd., H
Date Deposited: 14 Mar 2024 05:51
Last Modified: 14 Mar 2024 05:51
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4693

Actions (login required)

View Item
View Item