UPAYA PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Tentang Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi)

OKTAVIANA NURMALIA, TESSA (2007) UPAYA PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Tentang Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
UPAYA_PEMERINTAH_DALAM_MENINGKATKAN_KUALITAS_PELAYANAN_PUBLIK.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Tuntutan kinerja terbaik oleh pemerintah daerah kini semakin marak menyusul diberlakukannya Undang­Undang No.32 Tahun 2004. Undang­Undang tersebut menekankan pada pemberian kewenangan untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut otonomi dan tugas pembantuan. Pemberian otonomi luas kepada daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat. Disamping itu melalui otonomi luas, daerah diharapkan mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan dan kekhususan serta potensi dan keanekaragaman daerah dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemberian kewenangan didalam Undang­Undang tersebut memiliki implikasi yang besar terhadap akuntabilitas publik, yaitu bahwa aparat dan lembaga pelayanan publik didaerah harus dapat dipertanggungjawabkan apa yang mereka berikan atau mereka lakukan untuk kepentingan masyarakat. Dalam konteks ini pelayanan publik diberi makna yang sangat luas, artinya tidak hanya sebatas pemberian pelayanan dasar kepada masyarakat, tetapi juga menyangkut semua kegiatan yang dilakukan pemerintah baik langsung maupun tidak langsung. Berangkat dari uraian tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana peranan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik guna menunjang pelayanan dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk dengan mengoperasionalkan peranan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yaitu segala kegiatan dan program yang dilakukan pemerintah Kecamatan dalam usahanya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan subyek penelitian Camat, sekretaris Camat, Kasi Pemerintahan, Kepala Kelurahan, dan masyarakat di daerah Kecamatan Banyuwangi. Pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisa data yang digunakan adalah analisa kualitatif. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan menunjukkan bahwa peranan pemerintah Kecamatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk adalah Peningkatan Sistem dan Mekanisme Pelayanan Publik dengan merubah sistem dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk yakni SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan), Peningkatan Sarana dan Prasarana Sebagai Pendukung Pelayanan Publik yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, Peningkatan Sumber Daya Manusia dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan. Dengan berakhirnya penelitian ini saran yang dapat peneliti sampaikan diantaranya dalam pelaksanaan komitmen perilaku atau sikap khususnya dalam sikap jujur dan transparansi terhadap alokasi dana yang belum terealisasi, untuk itu pemerintah Kecamatan Banyuwangi untuk lebih bersikap terbuka terhadap alokasi dana tentang pembuatan Kartu Tanda Penduduk yang sesuai dengan Peraturan Daerah. Dalam pelaksanaan pelayanan publik dalam pelayananpembuatan Kartu Tanda Penduduk, pemerintah daerah mampu meningkatkan kesadaran terhadap masyarakat akan pentingnya pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) mengingat pembayaran PBB merupakan syarat ketentuan dalam mengurus pembuatan Kartu Tanda Penduduk. Dalam upaya meningkatkan sarana dalam penyelenggaraan pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk di Kabupaten Banyuwangi, pemerintah daerah lebih memperhatikan dan memiliki rancangan program khusus untuk pengajuan dana yang memiliki maksud dan tujuan sebagai peningkatan sarana komputer bagi kantor Kecamatan yang belum tersedia sarana komputer sebagai sarana dalam pelaksanaan SIAK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 27 Jun 2012 09:25
Last Modified: 27 Jun 2012 09:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9959

Actions (login required)

View Item View Item