ANALISIS SIKAP DAN NORMA SOSIAL PELANGGAN TERHADAP ATRIBUT BOOKSTORE UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Nurhayati, Nurhayati (2007) ANALISIS SIKAP DAN NORMA SOSIAL PELANGGAN TERHADAP ATRIBUT BOOKSTORE UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS SIKAP DAN NORMA SOSIAL PELANGGAN TERHADAP ATRIBUT BOOKSTORE UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian perilaku konsumen pada Bookstore Universitas Muhammadiyah Malang dengan judul �Analisis Sikap dan Norma Sosial Pelanggan Tarhadap Atribut Bookstore Universitas Muhammadiyah Malang�. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap pelanggan terhadap atribut Bookstore UMM, untuk mengetahui norma sosial pelanggan terhadap Bookstore UMM dan untuk mengetahui maksud perilaku pelanggan terhadap Bookstore UMM. Variabel yang digunakan dalam peneltian ini yaitu variabel sikap (Aact) dengan komponen evaluasi (ei) dan kepercayaan (bi). Adapun atributnya antara lain harga, kelengkapan, diskon, jenis buku, kenyamanan, layout, pelayanan dan parkir. Serta variabel norma sosial (SN) dengan komponen keyakinan normatif (NBj) dan motivasi (MCj). Adapun atributnya antara lain keluarga, dosen dan teman. Alat analisis yang digunakan untuk mengukur sikap pelanggan terhadap atribut Bookstore UMM adalah dengan menggunakan model rumus Fishbein. Alat analisis untuk mengukur norma sosial pelanggan terhadap pembelian buku menggunakan rumus norma sosial. Serta untuk mengukur maksud perilaku menggunakan rumus maksud perilaku. Hasil analisis sikap dengan menggunakan model rumus Fishbein terhadap pembelian buku di Bookstore UMM adalah paling banyak mahasiswa yakni 23 orang responden menyikapi netral artinya, atribut-atribut Bookstore UMM yaitu harga, kelengkapan, diskon, jenis buku, kenyamanan, layout, pelayanan dan parkir sama dengan toko buku lainnya. Hasil analisis norma sosial dengan menggunakan rumus norma sosial adalah paling banyak mahasiswa yakni 36 orang responden menyatakan bahwa norma sosial pelanggan kurang kuat terhadap pembelian buku di Boostore UMM. Adapun maksud perilaku mahasiswa terhadap pembelian buku di Bookstore UMM lebih didominasi oleh sikap (52.3 %) daripada oleh norma sosial (47,7 %) namun demikian, karena selisih nilainya sangat tipis dibawah 5 % maka secara keseluruhan konsumen atau mahasiswa mempunyai sikap berperilaku (keinginan) terhadap pembelian buku di Bookstore UMM. Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis menyarankan kepada pihak Bookstore UMM agar melakukan evaluasi terhadap atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen ketika hendak membeli buku yaitu harga, kelengkapan, diskon, jenis buku, kenyamanan, layout, pelayanan dan parkir sehingga lebih baik dari toko buku lainnya dan sesuai dengan harapan konsumen. Selain itu, peneliti menyarankan kepada pihak Bookstore UMM untuk aktif melakukan promosi, khususnya untuk wilayah Malang Barat dan Batu. Sehingga tujuan Bookstore UMM mencapai posisi sebagai sumber utama penyedia buku, majalah, fancy, stationary dan merchandise untuk Civitas Akademika UMM, komunitas Muhammadiyah dan masyarakat di wilayah Malang Barat dan Batu dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 27 Jun 2012 07:07
Last Modified: 27 Jun 2012 07:07
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9876

Actions (login required)

View Item View Item