PENGARUH BAURAN PEMASARAN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survey Pada Pelanggan Fleksi Pada Telkom Blitar)

SAPUTRO. H, HENDRAWAN (2007) PENGARUH BAURAN PEMASARAN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survey Pada Pelanggan Fleksi Pada Telkom Blitar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
v.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian explanatory (penjelasan), dimana peneliti melakukan observasi dalam pengumpulan data yang dilakukan pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kantor Cabang Blitar dengan judul “Pengaruh Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian (Survey Pada Pelanggan Fleksi Pada Telkom Blitar) ”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi, saluran distribusi, people, physical evidence dan process berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui variabel bauran pemasaran yang memberikan kontribusi terbesar terhadap keputusan pembelian. Kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi perusahaan diharapkan dapat sebagai informasi tambahan dalam rangka peningkatan jumlah penjualan berdasarkan analisis perilaku para konsumen dalam hal ini adalah mengenai bauran pemasaran. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan regresi logistik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel bauran pemasaran yang meliputi variabel produk, harga, promosi, saluran distribusi dan process berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk Telkom Fleksi pada PT. Telkom Blitar, sedangkan untuk variabel physical evidence dan people tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Telkom Fleksi pada PT. Telkom Blitar. Pada variabel produk memberikan kontribusi terbesar terhadap keputusan pembelian produk Telkom Fleksi pada PT. Telkom Blitar. Beberapa saran yang diajukan alam penelitian ini adalah diharapkan memperhatikan variabel produk, harga, promosi, saluran distribusi dan people, hal tersebut dikarenakan variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk Telkom Fleksi. Adapun langkah nyata yang dapat dilakukan yaitu dengan menetapkan tarif aktivasi yang terjangkau, tarif pulsa bicara yang hemat, tarif SMS yang murah, melakukan periklanan yang menarik dan durasi yang cukup, selalu menyediakan produk, mempermudah pelanggan dalam menyampaikan keluhan dan meningkatkan kualitas pelayanan baik mengenai kecepatan dan pengetahuan karyawan dalam memberikan pelayanan. Diharapkan peneliti selanjutnya untuk menambah variabel-variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian produk Telkom Fleksi. Hal tersebut dikarenakan pada hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh variabel bauran pemasaran yang meliputi variabel produk, harga, promosi, saluran distribusi, people, physical evidence dan process terhadap keputusan pembelian produk Telkom Fleksi pada PT. Telkom Blitar sebesar 69,4%, sedangkan sisanya sebesar 30,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 Jun 2012 05:07
Last Modified: 26 Jun 2012 05:07
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9564

Actions (login required)

View Item View Item