PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PBL (Problem Based Learning) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMPN 13 MALANG

NUR FADLILAH, EFA (2007) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN PBL (Problem Based Learning) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMPN 13 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PENERAPAN_PEMBELAJARAN_PBL.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Implikasi teori belajar kognitif dalam pengajaran sains khususnya bidang studi biologi adalah memusatkan kepada berfikir atau proses mental anak, dan tidak sekedar pada hasilnya. Relevansi dari teori konstruktivisme, siswa secara aktif membangun pengetahuannya sendiri. Salah satu bentuk pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan konstruktivistik adalah pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap keterampilan proses sains bidang studi biologi siswa kelas VII semester 2 SMPN 13 Malang (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap prestasi belajar bidang studi biologi siswa kelas VII semester 2 SMPN 13 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi Experimen atau biasa disebut Eksperimen Semu. Rancangan penelitian ini menggunakan Control Group Pretest Design. Penelitian dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2006/2007 yaitu pada tanggal 8 Februari – 3 Maret 2007. Subjek penelitian diambil 2 kelas paralel siswa siswi kelas VII H & VII D SMPN 13 Malang yang berjumlah 72 siswa. Dalam hal ini ada dua variabel yang digunakan variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan pendekatan pembelajaran PBL pada materi Ekosistem. Variabel terikat dalam penelitian ini Keterampilan proses belajar sains bidang studi biologi (observasi, kerjasama dalam kelompok, investigasi, berhipotesis, mengerjakan LKS, berkomunikasi, dan menarik kesimpulan) dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian yang terdiri dari keterampilan proses sains dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan prestasi belajar siswa dianalisis dengan uji anakova, menunjukkan bahwa ada perbedaan keterampilan proses sains siswa antara kelas yang menggunakan pembelajaran PBL dengan kelas yang tidak menggunakan pembelajaran PBL. Begitu juga dengan prestasi belajar siswa setelah diberikan post – test yaitu dari rata – rata nilai siswa yang semula sebelum pembelajaran dimulai 67 dan setelah pemebelajaran dimulai naik menjadi 73,11. Kemudian setelah diuji dengan menggunakan uji anakova diperoleh data F hitung > F table yang artinya berpengaruh secara signifikan yaitu 17,771 > 3,15.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 26 Jun 2012 02:53
Last Modified: 26 Jun 2012 02:53
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9486

Actions (login required)

View Item View Item