ANALISIS SEGMENTASI PASAR PADA HOME INDUSTRI TAS DAN KOPER CV. DWI JAYA ABADI TANGGULANGIN SIDOARJO

Mulyani, Titik (2007) ANALISIS SEGMENTASI PASAR PADA HOME INDUSTRI TAS DAN KOPER CV. DWI JAYA ABADI TANGGULANGIN SIDOARJO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS SEGMENTASI PASAR PADA HOME INDUSTRI TAS DAN KOPER CV. DWI JAYA ABADI TANGGULANGIN SIDOARJO.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Selama ini industri kecil terpandang sebelah mata oleh pemerintah dalam perkembangannya, sehingga banyak industri kecil yang berpotensi akhirnya mengalami kehancuran karena kurangnya perhatian secara intensif dari pihak instansi terkait dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Pembinaan pemerintah daerah guna meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan secara umum diarahkan pada ketentuan Standart Nasional Indonesia (SNI). Dengan adanya pembinaan dari departemen Perindustrian terhadap pengusaha kecil dapat memberi suatu alternatif pemecahan yang tepat untuk mengatasi masalah yang ada pada usaha industri kecil. Dengan memberikan pelatihan (binaan) secara kontinous maka secara langsung dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kreatifitas kerja. Selain itu juga dapat membuka kesempatan kerja dan meningkatkan pendapatan pengusaha kecil. Salah satu bentuk binaan Departemen Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo secara intensif adalah dengan binaan terhadap pengusaha kecil terutama pada pengrajin kulit di desa Kendensari Kecamatan Tanggulangin, termasuk didalamnya CV. Dwi Jaya Abadi. Dimana pendapatan para pengusaha kulit ini relatif rendah, kurang pemasaran dan sulitnya mendapatkan bahan baku yang belum tersedia sehingga dengan adanya binaan dari departemen Perindustrian dan Perdagangan ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi oleh pengrajin kulit seperti CV. Dwi Jaya Abadi dapat terselesaikan dan dapat meningkatkan pendapatan seperti yang dijelaskan pada tabel berikut dimana dari kedua tabel ini dapat dilihat perbedaan hasil produksi antara industri yang mendapat binaan dan yang tidak mendapat binaan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pada tabel diatas dijelaskan bahwa hasil produksi terendah pengrajin yang mendapat binaan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan adalah 275 unit/bulan sedangkan hasil produksi tertinggi diperoleh oleh Dwi Jaya Abadi adalah 1.764 unit/bulan Dari tabel diatas dapat dilihat hasil produksi terendah diperoleh oleh Libra sebesar 180 unit/bulan dan hasil produksi tertinggi diperoleh NJR collection sebesar 1000 unit/bulan. Selain itu pemerintah hendaknya berusaha mendorong dunia usaha untuk lebih maju, dengan memberikan kemudahan-kemudahan dalam bentuk kebijaksanaan dan peraturan-peraturan. Kemudahan-kemudahan ini sangat berpengaruh bagi perusahaan yang ditandai dengan persaingan yang semakin tajam diantara mereka. Dalam keadaan seperti ini manajemen dituntut untuk dapat membuat perencanaan yang tepat, agar perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Bentuk perencanaan yang baik adalah suatu perencanaan yang mampu mengatasi perubahan lingkungan terutama diluar perusahaan yang selalu berubah adalah kebutuhan dan selera konsumen. Berubahnya kebutuhan dan selera konsumen ini selain dapat menimbulkan peluang yang akan mendatangkan laba juga dapat menimbulkan ancaman bagi perusahaan. Untuk itu, mengingat keadaan persaingan yang semakin ketat antar perusahaan yang memproduksi barang sejenis yaitu tas dan koper maka perlu kiranya bagi CV. Dwi Jaya Abadi utamanya pihak manajemen harus mampu menjalankan strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran disini bukan berarti aktifitas penjualan saja, tetapi juga mempunyai peranan penting dalam mengadakan perencanan penjualan. Untuk mencapai tujuan perusahaan dibidang pemasaran, perusahaan perlu menyakinkan pasar, bahwa barang dari hasil produksinya benar-benar bermutu. Oleh karena itu maka strategi pemasaran harus dijalankan seefektif mungkin, sebab tanpa keefektifan fungsi-fungsi pemasaran yang ada, maka tujuan perusahan tidak mungkin dapat dicapai. Pada dasarnya segmentasi pasar merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasanya, tetapi banyak perusahaan dalam memasarkan produk atau jasanya kepada konsumen kurang begitu memperhatikan atau setengah-setengah melibatkan kegiatan segmentasi pasar untuk menarik minat konsumen. Apabila hal ini tidak segera dibenahi maka nantinya akan mengganggu kestabilan perusahaan itu sendiri. Prosedur segmentasi pasar harus diterapkan secara berkala karena segmen pasar selalu berubah. Salah satu cara untuk menemukan segmen-segmen baru adalah dengan menyelidiki rangkaian variabel yang diperlihatkan pelanggan untuk memilih produk, yang penting perusahaan harus selalu waspada terhadap perubahan hirarki atribut dimata konsumen agar dapat bergerak dan bertindak sesuai dengan perubahan segmen pasar. Salah satu kegiatan dalam pemasaran yang dapat digunakan untuk memberitahukan dan mempengaruhi konsumen adalah kegiatan penerapan segmentasi pasar. karena segmentasi pasar memegang peranan yang cukup penting, didalam usaha mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. CV. Dwi Jaya Abadi menyadari betul betapa pentingnya penerapan segmentasi pasar, terutama adanya persaingan yang semakin tajam antara sesama perusahaan yang menghasilkan produk yang sama, sebab kesalahan dalam menetapkan segmentasi pasar akan berakibat akan berakibat tidak tercapainya laba yang diharapkan. CV. Dwi Jaya Abadi merupakan CV yang tetap eksis sampai saat ini mengingat keadaan ekonomi dalam kondisi krisis seperti sekarang ini terbukti dari tahun 1992 tepatnya tanggal 15 mei 1992 CV ini didirikan oleh dua orang bersaudara Bapak H. Nuryono dan Bapak H. Sugiono yang pada awalnya khusus memproduksi tas dari bahan sintetis. Selanjutnya karena melihat segmen pasar lebih berpeluang pada kwerajinan kulit dan dari waktu ke waktu persaingan yang dihadapi CV. Dwi Jaya Abadi semakin tajam, seiring dengan semakin berkembangnya perusahaan sejenis. Untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan CV. Dwi Jaya Abadi terus mengembangkan produknya termasuk memproduksi tas dan koper dari bahan kulit. Ternyata produk yang dihasilkan tersebut mendapat respon yang baik dari para konsumen. Lambat laun perusahan kini memfokuskan diri untuk memproduksi tas dan koper dari bahan-bahan kulit dengan model dan desain yang terus berkembang sesuai perkembangan jaman dan sesuai permintaan konsumen. Kegiatan segmentasi pasar sangat penting bagi CV. Dwi Jaya Abadi karena untuk menunjukkan peluang-peluang dalam segmen pasar yang dihadapi. Dengan kata lain perusahaan berharap dapat menemukan satu atau lebih segmen pasar yang bisa dimasukinya. Sekarang bagaimana perusahaan mampu memutuskan mana dan berapa banyak segmen yang akan dimasukinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 23 Jun 2012 09:08
Last Modified: 23 Jun 2012 09:08
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9307

Actions (login required)

View Item View Item