EFEKTIVITAS TAMAN PENDIDIKAN AL­QUR`AN (TPA)SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM NON FORMAL (Di Taman Pendidikan Al­Qur`an An­-Nadwah Desa Trayang Kab. Nganjuk)

TRINOVITASARI, TRINOVITASARI (2007) EFEKTIVITAS TAMAN PENDIDIKAN AL­QUR`AN (TPA)SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM NON FORMAL (Di Taman Pendidikan Al­Qur`an An­-Nadwah Desa Trayang Kab. Nganjuk). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS_TAMAN_PENDIDIKAN_AL.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya Lembaga Pendidikan Al­Qur`an yang memperoleh apresiasi yang cukup baik dari masyarakat. Keberadaan lembaga ini yang biasa disebut dengan Taman Pendidikan Al­Qur`an sangat membantu masyarakat untuk mengajarkan Al­Qur`an kepada anak­anak. Taman Pendidikan Al­Qur`an merupakan salah satu alternatif Lembaga Pendidikan Al­Qur`an. Pengajaran dan mempelajari Al­Qur`an diberikan kepada anak sejak dini , hal ini dikarenakan Al­Qur`an merupakan kitab suci pedoman hidup umat Islam, sehingga umat Islam wajib mempelajari, memahami dan mengamalkan Al­Qur`an dengan baik dan benar. Taman Pendidikan Al­Qur`an juga sangat membantu program pemerintah dalam menyampaikan dan pencapaian target rohani anak didik yang pelaksanaannya dilakukan di luar pendidikan formal. Karena menyadari bahwa alokasi waktu pada kurikulum sekolah formal dirasa sangat minim, maka keberadaan Taman Pendidikan Al­Qur`an sangat membantu pencapaian tujuan untuk membentuk anak yang dapat membaca dan memahami Al­Qur`an dengan baik dan benar serta memiliki akhlak yang mulia. Taman Pendidikan Al­Qur`an adalah sebuah lembaga pendidikan Islam nonformal yang diselenggarakan oleh masyarakat guna mengajarkan kepada anak­anak tentang membaca Al­ Qur`an yang baik dan benar serta mencetak anak yang mempunyai akhlak yang mulia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komponen pendidikan yang menjadi kekuatan TPA An­Nadwah sebagai lembaga Pendidikan Islam Nonformal yang efektif, Untuk mengetahui faktor­faktor yang mendorong orangtua untuk menyekolahkan anaknya ke TPA An­ Nadwah. Untuk mengetahui faktor penghambat dan tantangan yang dihadapi TPA An­Nadwah sebagai lembaga pendidikan nonformal sekolah yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari informan, yaitu kepala sekolah, ustadz dan orang tua santri TPA An­Nadwah. Sedangkan data yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Dari hasil penelitian diketahui bahwa TPA An­Nadwah memiliki komponen pendidikan yang efektif dalam pembelajarannya, komponen pendidikan inilah salah satu kekuatan dari TPA An­ Nadwah sebagai lembaga Pendidikan Islam Nonformal. Faktor yang mendorong orangtua santri menyekolahkan anaknya adalah adanya kesadaran dari para orang tua santri akan pentingnya pendidikan agama sejak dini. Faktor penghambat yang dialami oleh TPA An­Nadwah dalam perkembangannya adalah kurangnya tenaga pendidik, keaktifan santri dan kurangnya dana yang dimiliki TPA An­Nadwah, sedangkan tantangan awal perkembangan TPA An­Nadwah adalah beratnya meyakinkan orang tuasantri akan pentingnya ilm`u pengetahuan agama, tantangan dan sekaligus keinginan TPA An­Nadwah pada saat sekarang ini adalah membangun gedung sekolah untuk dijadikan Madrasah Ibtidaiyah. Dan dapat disimpulkan bahwa TPA An­Nadwah adalah lembaga Pendidikan Islam Nonformal yang efektif bagi anak­anak untuk belajar agama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 19 Jun 2012 07:34
Last Modified: 19 Jun 2012 07:34
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8585

Actions (login required)

View Item View Item