UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP KERUGIAN AKIBAT KENAIKAN TEGANGAN LISTRIK (Studi di PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan & Jaringan Cabang Malang)

Kurniawan, Hendra (2007) UPAYA PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP KERUGIAN AKIBAT KENAIKAN TEGANGAN LISTRIK (Studi di PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan & Jaringan Cabang Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
UPAYA_PERLINDUNGAN_HUKUM_BAGI_KONSUMEN.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Globalisasi ekonomi telah memperluas ruang gerak arus transaksi barang dan atau jasa. Dengan demikian membawa produk yang ditawarkan menjadi bervariasi. Permasalahan yang timbulpun senakin kompleks, sehingga membutuhkan perhatian lebih, khususnya dalam pelaksanaan perlindungan hukum bagi konsumen pengguna barang dan atau jasa. Dalam pelaksanaan distribusi aliran jasa tenaga listrik juga tidak terlepas dari kemungkinan timbulnya permasalahan, salah satu permasalahan yang timbul adalah adanya pengaduan karena adanya kenaikan tegangan listrik yang mengakibatkan kerugian dan atau kerusakan terhadap sejumlah pelanggan jasa tenaga listrik disuatu wilayah. Berangkat dari latar belakang diatas, maka penulis mengangkat permasalahan, yaitu bagaimana bentuk pelaksanaan perlindungan hukum terhadap pelanggan jasa tenaga listrik yang mengalami kerusakan dan atau kerugian akibat kenaikan tegangan listrik dan bagaimana upaya yang dapat dilakukan oleh pelanggan. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum dan upaya yang dapat dilakukan oleh pelanggan yang mengalami kerusakan dan atau kerugian akibat kenaikan tegangan listrik. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah dengan pendekatan yuridis sosiologis, dengan melakukan penelitian di Kelurahan Arjosari Kec. Blimbing dan PT.PLN APJ Malang untuk memperoleh data dengan tehnik wawancara, dokumentasi dan observasi. Selanjutnya hasil penelitian akan dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu mengemukakan fakta-fakta dan data-data yang diperoleh dari lapangan, semua hasil wawancara dengan narasumber dan studi kepustakaan kemudian dianalisis untuk menemukan pemecahan atau penyelesaian masalah. Dari hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa bentuk perlindungan hukum yang diberikan oleh PT.PLN APJ Malang terhadap para pelanggan yang mengalami kerugian dan atau kerusakan yaitu dengan memberikan ganti rugi terhadap kerusakan yang diderita para pelanggan. Hal tersebut sebagai implementasi dari peraturan perundang-undangan yang ada yaitu pada pasal 19 Undang Undang Perlindungan Konsumen tentang tanggung jawab pelaku usaha, serta Undang Undang Ketenagalistrikan pasal 34 ayat (1). Konsumen yang dirugikan akibat kenaikan tegangan listrik dapat melakukan upaya-upaya untuk mendapatkan hak-haknya. Upaya itu bisa dilakukan melalui jalur pengadilan (litigasi) dan upaya diluar pengadilan (non litigasi). Konsumen yang dirugikan bisa menggunakan Pasal 1365 dan Pasal 1243 KUHPerdata, sebagai dasar hukum untuk melakukan tuntutan ganti rugi pada produsen. Untuk upaya melalui jalur diluar pengadilan, konsumen bisa melakukan melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), ataupun melalui jalan damai yang disepakati para pihak. Kasus kenaikan tegangan listrik ini diselesaikan dengan jalan damai melalui cara negosiasi. Pelanggan / konsumen sebagai korban lebih memilih menerima tawaran ganti rugi secara kekeluargaan yang diberikan oleh pelaku usaha dan enggan melanjutkan kasus ini lebih jauh kepengadilan dengan alasan biaya dan juga keengganan berurusan dengan pihak yang berwenang. Hal ini membuktikan bahwa walaupun hak-hak konsumen sudah diatur dan dijamin dalam hukum positif kita seperti KUHPerdata, Undang Undang Ketenagalistrikan, Undang Undang Perlindungan Konsumen, tetapi konsumen kurang menyadarinya, atau mungkin tidak tahu akan hak-haknya sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 19 Jun 2012 03:49
Last Modified: 19 Jun 2012 03:49
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8486

Actions (login required)

View Item View Item