PEMBELAJARAN DENGAN MODUL MIND MAPPING PADA OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS 5 SDN SUMBER SEKAR 01 DAU, KAB. MALANG

YULROHMAH, SITI (2007) PEMBELAJARAN DENGAN MODUL MIND MAPPING PADA OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS 5 SDN SUMBER SEKAR 01 DAU, KAB. MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_DENGAN_MODUL_MIND_MAPPING_PADA_OPERASI_HITUNG_BILANGAN_PECAHAN_PADA_SISWA_KELAS_5_SDN_SUMBER_SEKAR_01_DAU.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika SD, kebanyakan pembelajaran masih menggunakan metode yang konvensional (guru sebagai sumber informasi) , akibatnya siswa menjadi pasif. Sehingg perlu adanya perubahan dalam metode pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai subyek yang aktif agar pembelajaran menjadi lebih hidup dan kreatif. Salah satu metode yang diilhami oleh pendekatan ini adalah metode mind mapping, metode ini mengajarkan siswa untuk mengembangkan materi dan memetakan pikiran sesuai dengan pemikirannya sedangkan guru hanya menginformasikan konsep-konsep materi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran dengan modul mind mapping pada operasi hitung bilangan pecahan dan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 SDN Sumbersekar 01 Dau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan, data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil tes awal dan akhir serta hasil observasi terhadap aktifitas siswa selama proses bembelajaran berlangsung. Sedangkan sumber data dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SDN Sumbersekar 01 Dau yang berjumlah 30 siswa. Dari hasil analisis nilai tes menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, yaitu dari nilai rata-rata siswa pada saat tes awal 47 sedangkan tes akhir dengan nilai rata-rata 56. Dari hasil observasi menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran keaktifan siswa dikelas sangat baik. Dari data hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan modul mind mapping dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melakukan proses pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 16 Jun 2012 02:37
Last Modified: 16 Jun 2012 02:37
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8078

Actions (login required)

View Item View Item