PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA MATERI SEGITIGA BAGI SISWA KELAS VII B SLTP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

Tantris, Riken (2008) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA MATERI SEGITIGA BAGI SISWA KELAS VII B SLTP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_DENGAN_PENDEKATAN_PROBLEM_POSING_PADA_MATERI_SEGITIGA_BAGI_SISWA_KELAS_VII_B_SLTP_MUHAMMADIYAH_06_DAU_MALANG.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika masih sering ditemui adanya kecenderungan kurang keterlibatan siswa. Dominasi guru dalam proses pembelajaran menyebabkan kecenderungan siswa bersifat pasif menunggu sajian guru dari pada mencari dan menemukan sendiri pengetahuan, keterampilan atau sikap yang mereka butuhkan. Dalam proses pembelajaran, perlu digunakan pendekatan strategi pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berjalan efektif. Salah satu model pembelajaran yang telah dikembangkan dan diyakini dapat meningkatkan aktivitas, kesenangan dan prestasi siswa dalam belajar matematika adalah pendekatan problem posing. Problem posing adalah pembelajaran dengan pembentukan soal baru atau pembentukan masalah yang mencakup dua kegiatan yaitu : 1. Pembentukan soal baru atau pembentukan soal dari situasi atau pengalaman siswa. 2. Pembentukan soal dari soal yang sudah ada, Asmarawati (dalam Imam, 2002). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing, apa saja hambatan-hambatan dalam pembelajaran matematika pada materi segitiga dengan pendekatan problem posing dan bagaimana kualitas soal yang dibuat siswa pada materi segitiga dari waktu ke waktu. Sesuai dengan rumusan masalah, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif bersifat diskriptif. Jenis data dalam penelitian ini adalah jenis data primer dan sumber data dalam penelitian ini adalah guru bidang studi matematika kelas VII B dan siswa kelas VII B SLTP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes belajar siswa, angket hambatan dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa ketuntasan belajar siswa, hambatan-hambatan dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing dan kualitas soal. Secara klasikal pendekatan problem posing mencapai ketuntasan. Sedangkan secara individual masih ada 3 orang siswa yang belum tuntas. Hambatan dari pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing adalah waktu yang diperlukan untuk proses pembelajaran lama. Kualitas soal siswa pada pertemuan I ke pertemuan II meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 12 Jun 2012 04:07
Last Modified: 12 Jun 2012 04:07
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/7265

Actions (login required)

View Item View Item