PEMBELAJARAN SIMETRI PUTAR PADA BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH

Hasanah, Udwatul (2007) PEMBELAJARAN SIMETRI PUTAR PADA BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_SIMETRI_PUTAR_PADA_BANGUN_DATAR_MENGGUNAKAN_MACROMEDIA_FLASH.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran simetri putar di sekolah masih menggunakan cara-cara manual, artinya percobaan untuk mengetahui simetri putar pada bangun datar meggunakan kertas yang digunting menyerupai bangun yang akan diuji coba. Pada saat ini terdapat program komputer macromedia flash yang sudah banyak digunakan para animator. Dalam pelajaran simetri putar seperti tersebut di atas, akan sangat menarik apabila disajikan dalam bentuk gambar animasi. Melalui penyajian tersebut diharapkan guru akan lebih mudah menyampaikan pelajaran pada materi yang bersangkutan. Siswa juga diharapkan akan lebih tertarik lagi dalam pelajaran dan mereka akan benar-benar memperhatikan, sehingga akan mudah dan cepat dimengerti. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk megetahui cara menganimasikan simetri putar pada bangun datar serta mengetahui respon siswa setelah melihat hasil dari pembuatan animasi. Hasil dari penulisan ini diharapkan dapat memenuhi syarat PAKEM dalam dunia pembelajaran, menjadikan dunia pembelajaran semakin menarik, memperkaya kreatifitas dalam dunia pembelajaran dan sebagai bahan pertimbangan bagi seorang guru ataupun calon guru dalam memberikan pelajaran materi yang bersangkutan. Batasan masalah dari penulisan ini adalah benda-benda yang dianimasikan adalah berupa bangun datar yang memiliki simetri putar, yaitu persegi panjang, bujur sangkar, segitiga sama sisi, belah ketupat, lingkaran, segi enam, segi lima dan jajar genjang serta bangun datar lain yang ada di sekeliling siswa, misalnya huruf-huruf yang memiliki simetri putar, seperti huruf H, I, N dan X. Pada pembuatan animasi tentang jumlah simetri putar yang dimiliki oleh bangun datar, meliputi berbagai langkah. Pembuatan animasi simetri putar pada bangun datar terbagi menjadi dua buah jenis yaitu: Tentang definisi dan jumlah simetri putar, kemudian yang kedua adalah bagian yang digunakan bagi siswa untuk mencoba sendiri. Pada umumya langkah-langkah yang digunakan dalam pembuatan animasi adalah memberi nama pada layer, membuat objek animasi, menentukan panjang frame, memberi nama pada frame, memberi action script pada frame, memberi action script pada tombol. Berdasarkan hasil dari uji coba dari program tersebut dan pengisian angket yang disediakan, maka didapat kesimpulan bahwa siswa tertarik dengan media yang digunakan dan mereka juga senang dengan suasana pembelajarannya. Mereka sangat menyukai percobaan yang mereka lakukan sendiri, mereka juga merasa bahwa media yang digunakan tergolong baru. Sehingga, mereka setuju dengan media yang digunakan dan mereka beranggapan bahwa pembelajaran akan lebih baik apabila disajikan dengan macromedia flash.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 08 Jun 2012 07:50
Last Modified: 08 Jun 2012 07:50
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6850

Actions (login required)

View Item View Item