IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI BAGI MORALITAS SISWA (Studi kasus di SMP Taman siswa Malang)

Andri Mahanani, Yunita (2006) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI BAGI MORALITAS SISWA (Studi kasus di SMP Taman siswa Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI_PENDIDIKAN_BUDI_PEKERTIBAGI_MORALITAS_SISWA.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Pendidikan budi pekerti adalah perilaku manusia yang akan diukur menurut kebaikan dan keburukanya melalui ukuran norma agama, norma hukum, tatakrama, sopan santun dan norma budaya/ adat istiadat masyarakat.Penanaman pendidikan budi pekerti dapat diwujudkan melalui upaya keteladanan, pembiasaan, pengamalan, dan pengkondisian lingkungan. Untuk memudahkan penanamkan pendidikan budi pekerti serta pengajaran terhadap anak, segala bentuk perilaku dalam kehidupan anak harus benar-benar diperhatikan, disamping peran pendidik peran seorang ibu dalam membina anak sangat penting Dari penanaman tersebut diharapkan dapat megimbangi masalah kemerosotan moral yang saat ini melanda dunia remaja. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. sistem apa yang digunakan dalam penanaman budi pekerti di SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang. 2. Faktor-faktor penghambat dan pendorong dalam penanaman pendidikan budi pekerti di SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang. 3. dampak setelah diberikan penanaman pendidikan budi pekerti SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang. Rancangan penelitian ini adalah diskriptif. Populasinya seluruh siswa SMP Tamansiswa malang yang terdiri dari 516 siswa, sampelnya menggunakan purposiv sampling dengan jumlah siswa 175 siswa. Variabel bebas adalah pendidikan budi pekerti sedangkan variabel terikatnya adalah dampak bagi moralitas siswa. Setelah dilakukan analaisis data diperoleh kesimpulan. 1. System penanaman pendidikan budi pekerti yaitu : a. strategi pengintegrasian pendidikan budi pekerti. b. Penanaman pendidikan budi pekerti yang diprogramkan c. Pendekatan penanaman pendidikan budi pekerti c. Metode penanaman pendidikan budi pekerti d. Penilaian. 2. Adapun faktor yang menghambat dan mendorong dalam penanaman pendidikan budi pekerti di SMP Tamansiswa Malang, yaitu:fakor utama adalah guru karena terlalu monoton dalam menyampaikan materi.sedangkan factor yang mendorong dalam penanaman pendidikan budi pekerti di SMP Tamansiswa Malang meliputi: kesadaran siswa, fasilitas dan sarana prasara yang memadai. 3 Penanaman pendidikan budi pekerti di SMP Tamansiswa (Taman Dewasa) Malang berdampak positif dalam membentuk, moralitas dan kepribadian siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Civic Law
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 02 Jun 2012 03:12
Last Modified: 02 Jun 2012 03:12
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6396

Actions (login required)

View Item View Item