EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SDN KOTAANYAR III DESA KOTA ANYAR KECAMATAN KOTA ANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2005/2006

FARIDA, YULI (2007) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SDN KOTAANYAR III DESA KOTA ANYAR KECAMATAN KOTA ANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img] Text
EVALUASI_PELAKSANAAN_PEMBELAJARAN_PENDIDIKANAGAMA_ISLAM_PADA_KURIKULUM_BERBASIS_KOMPETENSIDI_SDN_KOTAANYAR_III_DESA_KOTAANYAR_KECAMATANKOTAANYAR_KABUPATEN_PROBOLINGGOTAHUN_PELAJARAN_2005.pdf

Download (180B)

Abstract

Pendidikan mempunyai tanggung jawab untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas, terutama untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan masa depan, karena kita ketahui bahwasannya pendidikan berfungsi sebagai pengembang berpengetahuan, keterampilan, nilai dan kebudayaan. Melalui pendidikan aspek­aspek mental, rasionalitas, martabat etika dan estetika dapat ditanamkan. Dengan demikian Pendidikan dapat di pandang sebagai factor kunci keberhasilan pembangunan manusia seutuhnya. Untuk kepentingan tersebut kurikulum yang ada harus di benahi, apalagi terhadap sekolah yang sudah menggunakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Dengan pemberlakuan kurikulum berbasis kompetensi ini, di harapkan mampu memecahkan berbagai persoalan bangsa, khususnya dalam bidang Pendidikan, dengan mempersiapkan peserta didik melalui perencanaan, pelaksanaan evaluasi terhadap system pendidikan secara efektif, efisien dan berhasil. Dan dalam skripsi ini, persoalan yang akan di kaji adalah evaluasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum berbasis kompetensi. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui (1) Proses evaluasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum berbasis kompetensi. (2) Hasil pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum berbasis kompetensi. (3) Faktor yang menjadi pendukung dan pengahambat dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum berbasis kompetensi. (4) Upaya pihak sekolah dalam meminimalisir kendala yang ada dalam pelaksanaan pemeblajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum berbasis kompetensi. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Adapun lokasi penelitian ini adalah di SDN Kotaanyar III Desa Kotaanyar Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo dengan subyek penelitian Guru bidang studi Pendidikan Agama Islam yang terdiri dari 1 orang Guru bidang studi Pendidikan Agama Islam, dan Kepala Sekolah. Sedangkan pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini dengan cara: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi dan teknik analisa data yang di gunakan adalah diskriptif kualitatif, dengan maksud untuk menggambarkan fakta­fakta masalah yang di teliti sebagaimana adanya dan memusatkan perhatian pada data yang akurat. Berdasarkan analisa data menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum berbasis kompetensi di SDN Kotaanyar III dapat di simpulkan sebagai berikut: (1) Evaluasi secara terproses dari pembuatan program tertulis yang terdiri dari program tahunan, program semester, program silabus dan rencana pembelajaran serta pelaksanaan di kelas sudah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi. (2) Setelah melakukan evaluasi secara terproses dapat di ketahui bahwa meskipun dalam pembuatan program dan pelaksanaan di kelas sudah sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi tapi tidak dengan pelaksanaan sehari­hari. Dalam pelaksanaan sehari­hari pelaksananpembelajaran Pendidikan Agama Islam belum terlaksana dengan baik. (3) Penghambat dalam pelaksnaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum berbasis kompetensi adalah adanya keterbatasan Bahasa yang di gunakan oleh siswa­siswi SDN Kotaanyar III dan kurangnya sarana untuk melakukan praktek sholat. (4) Untuk meminimalisir kendala yang ada, pihak sekolah membuat peraturan yang mewajibkan siswa­siswi untuk menggunakan Bahasa Indonesia di lingkungan sekolah dan menambah sarana prasarana yang ada di SDN Kotaanyar III. Berdasarkan hasil analisa data di atas, dapat di sarankan (1) Bagi Kepala Sekolah agar tidak hanya melakukan minitoring pada program yang di buat oleh Guru Pendidikan Agama Islam, tapi juga melakukan monitoring pada waktu pelaksanaan pembelajaran berlangsung. (2) Bagi Guru mata pelajaran lain agar ikut serta dalam memberikan motifasi kepada peserta didik. (3) Bagi Guru Pendidikan Agama Islam agar lebih memperdayakan setiap potensi yang terdapat di lingkungan sekolah secara maksimal, demi kepentingan pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam. (4) Bagi orang tua/wali murid agar lebih menekankan pada penggunaan Bahasa terutama dalam penggunaan Bahasa Indonesia di lingkungan rumah. (5) Bagi siswa­siswi agar lebih belajar dengan giat dan belajar menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 29 May 2012 06:54
Last Modified: 29 May 2012 06:54
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6092

Actions (login required)

View Item View Item