Implementasi Lesson Study Untuk Peningkatan Kualitas Proses dan Kemandirian Belajar Mahasiswa

Manon Andini, Thathit and Wahyuni, Erly and Prastiyowati, Santi (2016) Implementasi Lesson Study Untuk Peningkatan Kualitas Proses dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2 (1). pp. 303-312. ISSN P-ISSN : 24431591 E-ISSN : 24600873

[thumbnail of Andiini Wahyuni Prasetyowati - Implementasi Lesson Study Untuk Peningkatan Kualitas.pdf]
Preview
Text
Andiini Wahyuni Prasetyowati - Implementasi Lesson Study Untuk Peningkatan Kualitas.pdf

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Andiini Wahyuni Prasetyowati - Implementasi Lesson Study Untuk Peningkatan Kualitas.pdf]
Preview
Text
Similarity - Andiini Wahyuni Prasetyowati - Implementasi Lesson Study Untuk Peningkatan Kualitas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program studi pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMM adalah LPTK yang bertujuan
untuk menghasilkan sarjana pendidikan Bahasa Inggris yang profesional, beriman, dan
kompetitif yang mampu berkomunikasi dengan masyarakat pendidikan dan industri.
Disamping itu Bahasa Inggris juga bertujuan menyelenggarakan pengembangan penelitian
dibidang pendidikan dan sastra Inggris. Dengan harapan Prodi Bahasa Inggris bisa
menghasilkan lulusan yang profesional. Guru yang profesional menurut ketentuan PP
maupun UUGD adalah guru yang memiliki kompetensi pribadi, kompetensi sosial,
kompetensi pedagogi dan kompetensi profesional. Kompetensi pedagogi menghendaki
guru memiliki kemampuan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran.
Sedangkan kompetensi profesional menghendaki Dosen untuk mampu menguasai
matapelajaran. Oleh karena itu diperlukan upaya peningkatan kualitas pembelajaran, perlu
kiranya diterapkan pembelajaran Introduction to literature dan melalui Lesson Study.
Kegiatan Lesson Study ini diterapkan pada mata kuliah Introduction to literature, pada
semester Ganjil tahun 2014/2015. Pelaksanaan Lesson Study ini meliputi kegiatan plan, do
dan see yang berlangsung dalam 2 (dua) putaran dengan model pembelajaran langsung
dengan diskusi kelompok dan presentasi. Indikator peningkatan kemandirian belajar
mahasiswa yang teramati meliputi aktivitas memecahkan masalah dengan berdiskusi
kelompok dan kemampuan mahasiswa mempresentasikan hasil belajar mahasiswa serta
kemampuan kritis dalam tanya jawab. Mata Kuliah Introduction to Literature pada
putaran pertama, mempelajari perbedaan karya sastra antara short story, novel, drama dan
puisi. Kesiapan dalam mempersiapkan materi perkuliahan secara mandiri 53%, Keaktifan
mengikuti kegiatan perkuliahan 80%, Keaktifan berdiskusi dengan kelompoknya 71%,
tanya jawab dengan dosen 44%. Pada Putaran II, Kesiapan mempersiapkan materi
perkuliahan secara mandiri 89%, Keaktifan mengikuti kegiatan perkuliahan 89%, Keaktifan
berdiskusi dengan kelompoknya 80%, tanya jawab dengan dosen 62,5%.

Item Type: Article
Keywords: Lesson Study, proses belajar, kemandirian belajar
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English Language Education (88203)
Depositing User: thathit Thathit Manon Andini, Dra.,M.Hum.
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:22
Last Modified: 28 Mar 2024 06:22
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5074

Actions (login required)

View Item
View Item