MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT

Ekawati, Luluk (2008) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
MENINGKATKAN_HASIL_BELAJAR_BIOLOGI_PESERTA_DIDIK_KELAS_X_DI_SMA_LABORATORIUM_UNIVERSITAS_NEGERI_MALANG_MELALUI_MODEL_PEMBELAJARAN_COOPERATIVE_SCRIPT.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Cooperative Script adalah metode belajar dimana Peserta didik bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Pembelajaran Cooperative Script meliputi langkah-langkah: Guru membagi Peserta didik untuk berpasangan, Guru membagikan wacana atau materi tiap Peserta didik untuk dibaca dan membuat ringkasan, Guru dan Peserta didik menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar, Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya, Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, serta lakukan seperti di atas, Kesimpulan guru dan Penutup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi pada peserta didik kelas X-2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dan untuk mengetahui respons peserta didik kelas X-2 terhadap penggunaan model pembelajaran Cooperative Script. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan pada tgl 3 Oct – 5 Nop 2007 di SMA Laboratorium Negeri Malang. Sasaran dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas X-2 yang berjumlah 27 Peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan lembar angket, tes individu/kuis dan tes hasil belajar. Prestasi belajar dianalisis dengan menggunakan ketuntasan belajar dan respons peserta didik menggunakan presentase. Ketuntasan belajar masing-masing Peserta didik disesuaikan dengan SKBM sekolah yaitu ≥75. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus tindakan I persentase rata-rata dari ke tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor mencapai 48.14% Setelah dilakukan perbaikan tindakan pada siklus II rata-rata dari ke tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor mencapai 88.8%. Sedangkan respons peserta didik mendapatkan respons positif dari peserta didik. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 02 May 2012 06:26
Last Modified: 02 May 2012 06:26
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3855

Actions (login required)

View Item View Item