PERBANDINGAN AKTIVITAS KEHUMASAN RADIO SWASTA DI KOTA MALANG DALAM MEMPERTAHANKAN REPUTASI (Studi Pada Radio Kalimaya Bhaskara FM, Makobu FM dan Malangkuçeçwara FM )

ANISETYA DEWI, NILA (2007) PERBANDINGAN AKTIVITAS KEHUMASAN RADIO SWASTA DI KOTA MALANG DALAM MEMPERTAHANKAN REPUTASI (Studi Pada Radio Kalimaya Bhaskara FM, Makobu FM dan Malangkuçeçwara FM ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERBANDINGAN_AKTIVITAS_KEHUMASANRADIO_SWASTA_DI_KOTA_MALANG_DALAMMEMPERTAHANKAN_REPUTASI.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Dalam persaingan yang ketat stasiun radio selain membuat acara on air semenarik mungkin, saat ini radio juga terlibat dalam kegiatan­kegiatan off air dengan menampilkan ciri khas, corak dan isi dari acara. Dalam merancang suatu strategi program siaran baik on air maupun off air pengelola berorientasi ke arah peningkatan reputasi. Karena itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana reputasi radio dimata pendengar, pengiklan, lingkungan dan lain­lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah Perbandingan Aktivitas Kehumasan Radio Makobu FM, Khalimaya Bhaskara FM dan MFM dalam Mempertahankan Reputasi Radio ?. Untuk menjawab pertanyaan itulah, maka tujuan penelitian ini adalah Ingin membandingkan aktivitas kehumasan Radio Makobu, Khalimaya Bhaskara dan MFM dalam mempertahankan reputasi. Adapun aktivitas kehumasan yang dibandingkan meliputi: 1). Bentuk program kegiatan 2). Pelaksanaan program kegiatan Metode diskriptif kualitatif dipilih untuk menguraikan data­data dari informan mengenai aktivitas kehumasan radio swasta di Kota Malang dalam mempertahankan reputasi. Adapun lokasi penelitian adalah tiga radio swasta yang ada di kota Malang yaitu Kalimaya Bhaskara, Makobu dan MFM karena ketiga stasiun radio ini memiliki sasaran pendengar cukup besar. Adapun hasil penelitian mengenai Aktivitas humas yang ada pada masing­masing radio yang menjadi subyek penelitian adalah sebagai berikut: 1). Jenis program kerja, dilihat dari jenis program ketiga radio memiliki kesamaan misalkan seperti program tahun baru miliknya MFM sejenis dengan acara tahun baru milikinya Makobu dan new year fiestanya Kalimaya Bhaskara. 2). Cakupan acara, Cakupan acara radio Makobu dan Kalimaya Bhaskara memiliki kesamaan karena adanya persamaan dalam jenis program, visi dan misi. Sedangkan MFM cakupan acaranya berbeda karena memiliki segmentasi pasarnya yang berbeda. 3). Sasaran khalayak, sasaran khalayak radio Makobu dan Kalimaya Bhaskara memiliki kesamaan karena adanya persamaan dalam membuat program acara radio dan sasaran khalayak yang sama. Sedangkan MFM cakupan acaranya berbeda karena sasaran khalayak yang berbeda yaitu lebih terfokus pada mahasiswa. 4). Efek yang dihasilkan, Efek yang dihasilkan antara radio Makobu, Kalimaya Bhaskara dan MFM memiliki kesamaan. Adapun kesimpulan dalam penelitin ini adalah: (1) Aktivitas humas di radio Kalimaya Bhaskara adalah mengadakan sosialisasi masyarakat, mengadakan rock competition, mengadakan supercros, mengadakan ulang tahun fiesta chapter 3, dan mengadakan launching buku (2) Aktivitas humas di radio Makobu adalah mengadakan ulang tahun radio, HUT Malang, kegiatan ramadhan, kegiatan tahun baru juga mengadakan music indie. (3) Aktivitas humas di radio MFM adalah mengadakan ulang tahun radio, launching produk, ulang tahun, kegiatan ramadhan, mengadakan bakti sosial serta mengadakan band competition. (4) Perbandingan kegiatan humasantara ketiga radio tersebut adalah hampir semua radio memiliki kesamaan aktivitas, di mana semua radio tersebut sama­sama memiliki aktivitas kegiatan yang sama seperti kegiatan ulang tahun, kegiatan ramadhan dan juga kegiatan mengadakan music competition.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 02 May 2012 02:00
Last Modified: 02 May 2012 02:00
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3685

Actions (login required)

View Item View Item