PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK ROKOK MERK “SIN” Studi Terhadap Kegiatan Pemasaran Rokok SIN Produksi PR. UD. Putra Bintang Timur Lawang

ANA KESUMAWATI, EVI (2007) PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK ROKOK MERK “SIN” Studi Terhadap Kegiatan Pemasaran Rokok SIN Produksi PR. UD. Putra Bintang Timur Lawang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGGUNAAN_MEDIA_KOMUNIKASI_PEMASARANPRODUK_ROKOK_MERK.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Tingginya persaingan di bidang industri rokok ditandainya semakin gencarnya launching produk­produk baru. PR. UD. Putra Bintang Timur yang memproduksi rokok “SIN” untuk terapi kesehatan dalam hal ini Marketing sebagai yang bertugas memasarkan rokok kesehatan tersebut kepada konsumen yang juga menentukan tingkat volume penjualan yang secara otomatis mempengaruhi tingkat pendapatan perusahaan dituntut untuk dapat berperan aktif guna untuk melakukan dalam penggunaan media komunikasi pemasaran sehingga permasalahan yang timbul apa saja penggunaan media komunikasi pemasaran produk rokok merk “SIN”, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui macam­macam penggunaan media komunikasi pemasaran produk rokok merk “SIN”. Jenis penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif. Yang dimaksud dengan penelitian deskriptif adalah penelitian untuk menggambarkan tentang klarakteristik (ciri­ciri) individu, situasi atau kelompok tertentu. Subjek penelitiannya yaitu orang­orang yang dianggap oleh peneliti dapat memberikan data yang diperlukan dalam penelitian adalah orang yang berada dalam divisi marketing sebanyak 3 orang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian deskriptif melakukan analisis hanya sampai pada taraf deskripsi, yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk difahami dan disimpulkan. Kesimpulan yang diberikan selalu jelas dasar faktualnya sehingga semuanya selalu dapat dikembalikan langsung pada data yang diperoleh. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik trianggulasi metode yaitu jika informasi atau data yang berasal dari hasil wawancara misalnya, perlu diuji dengan hasil observasi dan seterusnya. Trianggulasi metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik trianggulasi metode penelitian dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh bagian marketing PR. UD. Putra Bintang Timur dapat memenuhi harapan yang diinginkan oleh perusahaan yaitu meningkatkan volume penjualan rokok “SIN” pada tiap bulan periode januari 2006 sampai dengan juli 2007, sedangkan media komunikasi pemasaran yang digunakan adalah dengan bauran promosi (iklan, penjualan tatap muka, Humas dan publikasi, promosi penjualan, dan pemasaran langsung). Bauran promosi yang meliputi periklanaan, promosi penjualan, personal selling, humas dan publikasi, dan pemasaran langsung. Masingmasingbentuk bauran tersebut memiliki ciri­ciri tertentu untuk membedakannya. Jenis periklanan yang membentuk bauran yang dilaksanakan PR. UD. Putra Bintang Timur adalah dengan menggunakan media cetak yaitu pembagian brosur dan pemasangan spanduk­-spanduk ditempat­tempat tertentu serta pemuatan berita di Koran radar, Lampung post, majalah liberty dan majalah aula. Selain itu media elektronik dengan peliputan berita di trans tv. Promosi penjualan dilakukan dengan, pemberian sampling/ tester rokok “SIN”, pemberian merchandise/ hadiah dan potongan harga, humas dan publikasi berupa sponsorship dan jalinan kerjasama dengan media cetak maupun elektronik, penjualan tatap muka dilakukan dengan tenaga penjual seperti salesman dan SPG, sedangkan untuk pemasaran langsung dengan email dan tenaga penjual (Salesman dan SPG).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 01 May 2012 07:10
Last Modified: 01 May 2012 07:10
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3628

Actions (login required)

View Item View Item