PERANAN PELAJARAN PPKN DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMPN EGERI 9 PROBOLINGGO

AHADIAN WISNU, MAULANA (2007) PERANAN PELAJARAN PPKN DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMPN EGERI 9 PROBOLINGGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Peranan_Pelajaran_Ppkn_Dalam_Menanggulangikenakalan_Siswa.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Dengan mengingat potensi-potensi manusia, maka Noorsyam menyatakan potensi manusia seutuhnya meliputi tujuan potensial yaitu potensi jasmani dan panca indra, pikiran, perasaan, karsa, cipta, karya dan nurani, dalam hal ini dapat membina dan mengembangkan sikap hidup. Untuk itu harus sejalan dengan pembinaan sikap dan tingkah laku dalam hal ini Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Sesuai dengan Dasar Negara Pancasila bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia, yang memberi kekuatan hidup kepada bangsa Indonesia serta membimbingnya dalam mengejar kehidupan lahir batin yang makin baik, di dalam masyarakat Indonesia yang adil dan makmur (Naskah Pedoman Penghayatan Dan Pengamalan Pancasila 1978 : 29). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sangat penting bagi pembinaan mental dan moral anak-anak, maka Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Sekolah sangat dibutuhkan untuk membina dan penyempurnaan pertumbuhan kepribadian anak didik. Dengan demikian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan itu tidak boleh lepas dari Pendidikan moral, yaitu pengetahuan yang ditujukan kepada sikap, perilaku, budi pekerti, batas-batas dan norma-norma yang harus dilakukan dan diindahkan. Tujuan yaitu (1) mengetahui bentuk kenakalan yang dilakukan siswa SMP Negeri 9 Probolinggo (2) mengetahui ada dan tidaknya peranan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menanggulangi kenakalan siswa SMP Negeri 9 Probolinggo (3) mengetahui pelaksanaan pembelajaran PPKn di SMP Negeri 9 Probolinggo. Dalam penelitian ini digunakan metodologi kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Probolinggo. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, pengamatan, dokumen. Analisa data dimulai dengan melihat data mengenai pembelajaran PPKn dan data mengenai kenakalan siswa kelas 3 pada SMP Negeri 9 Probolinggo, kemudian dianalisa secara deskriptif untuk melihat bagaimana bentuk kenakalan siswa kelas 3 pada satu sisi, dan pada sisi yang lain untuk mengetahui sejauh mana peranan pelajaran PPKn dalam menanggulangi kenakalan siswa kelas 3. Hasil penelitian ini yaitu (1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mempunyai peranan penting dalam ikut serta menanngulangi kenakalan siswa di Sekolah. (2) Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang berkualitas dan menekankan pada ranah afektif atau sikap, akan terjadi perubahan sikap siswa dari kurang patuh menjadi patuh terhadap semua norma atau aturan, baik aturan dalam keluarga, di Sekolah, di masyarakat dan dalam kehidupan bernegara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Civic Law
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 01 May 2012 03:16
Last Modified: 01 May 2012 03:16
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3497

Actions (login required)

View Item View Item