UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PEMAHAMAN TERHADAP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES KEPADA SISWA KELAS IV SDN TULUSREJO 2 MALANG

FADHILLA, NOOR KHALID (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN TERHADAP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES KEPADA SISWA KELAS IV SDN TULUSREJO 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noorkhalid-30197-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noorkhalid-30197-2-babi.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Tulusrejo 2, pada kelas IV semester 2 tahun ajaran 2011/ 2012 pada mata pelajaran Matematika dengan materi sifat-sifat bangun ruang sederhana masih kurang. Pada tahun ajaran 2010/2011, jumlah siswa yang dikatakan tuntas hanya sebesar 26 % dan pada tahun 2009/2010 jumlah siswa yang tuntas sebesar 44% sedangkan menurut ketentuan sekolah kondisi idealnya 70% dari jumlah siswa yang memiliki ketuntasan belajar dengan KKM adalah 65. Hal ini dapat dikarenakan banyak siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika, siswa menganggap matematika merupakan pelajaran yang susah dan banyak lagi alasan yang menganggap pelajaran matematika merupakan pelajaran yang menakutkan. Dalam penelitian ini yang perlu dilakukan ialah bagaimana penerapan metode pembelajaran Examples Non Examples dan apakah penerapan metode pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep dasar sifat-sifat bangun ruang. Sehingga dapat mengetahui keberhasilan penerapan metode pembelajaran Examples Non Examples dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman terhadap konsep dasar sifat-sifat bangun ruang Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bagaimana penerapan metode Examples Non Examples dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Tulusrejo 2 Malang mengenai sifat-sifat bangun ruang dan mengetahui adanya peningkatan hasil belajar matematika. Penelitian ini juga bertujuan untuk membentuk siswa dapat menyenangi pelajaran matematika dan tidak lagi menganggap matematika pelajaran yang menyusahkan. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian kualitatif desain penelitian tindakan kelas. Adapun prosedur penelitiannya adalah perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi yang dilaksanakan selama dua siklus dan dalan satu siklus dilakukan dua kali pertemuan. Masing-masing pertemuan langkah-langkah pembelajaran terlaksana berdasarkan metode yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang diketahui pelaksanaan metode Examples Non Examples mengalami peningkatan. Terlihat dari hasil tes/evaluasi pembelajaran, diketahui nilai tes hasil belajar Matematika siswa mengalami peningkatan. Nilai tes hasil belajar Matematika siswa pada siklus I sebesar 58 % meningkat menjadi 88% pada siklus II. Selain itu hasil belajar klasikal meningkat 50% dari semula sebanyak 42% siswa telah mencapai ketuntasan belajar pada siklus I dan meningkat menjadi 84% pada siklus II, hal ini melebihi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 70%. Berdasarkan penelitian ini dengan menggunakan metode Examples Non Examples yang perlu diperhatikan pada penelitian selanjudnya ialah bagaimana penggunaan gambar atau media yang digunakan dapat dibentuk semenarik mungkin dan dalam penerapannya yang diperhatikan ialah pengkondisian dalam pembentukan kelompok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 02:17
Last Modified: 04 May 2016 02:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29058

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo