UMM Institutional Repository

Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar Dalam Pembelajaran Class Wide Peer Tutoring Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Di Kabupaten Malang

Munawaroh, Lailatul (2014) Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar Dalam Pembelajaran Class Wide Peer Tutoring Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Di Kabupaten Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailatulmu-37719-1-pendahul-n.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailatulmu-37719-2-babi.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pernyataan salah satu guru Biologi pada salah satu sekolah SMP Muhammadiyah di Kabupaten Malang Kelas VIII penilaian pembelajaran hanya terfokus pada hasil ulangan saja tanpa adanya refleksi sehingga hanya sedikit siswa yang berperan aktif dalam pembelajaran. Hal ini didukung pula hasil penelitian Morgan, 2004) dari The University of Texas menemukan bahwa lebih dari 70% guru tidak menggunakan rubrik dan portofolio dalam menilai pembelajaran mereka. Sedangkan, Standar asesmen pembelajaran sains hendaknya ditekankan pada penilaian kemampuan siswa dalam real life situation. Diperlukan adanya sistem penilaian untuk mengatasi masalah tersebut. Penggunaan jurnal belajar sebagai refleksi setelah proses pembelajaran menjadi alternatif agar melatih cara berpikir siswa yang padukan pembelajaran Class Wide Peer Tutoring agar siswa lebih aktif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan jurnal belajar dalam pembelajaran Class Wide Peer Tutoring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, mendeskripsikan penerapan jurnal belajar dalam pembelajaran Class Wide Peer Tutoring mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kritis, dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah perlakuan penggunaan jurnal belajar dalam pembelajaran Class Wide Peer Tutoring. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah di kabupaten Malang kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan teknik pengambilan Cluster Random sampling. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah di Kabupaten Malang. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh dengan test soal esay. Analisis data yang digunakan yaitu uji Independent t-tes. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan jurnal belajar dalam pembelajaran Class Wide Peer Tutoring memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis materi fotosintesis pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah di Kabupaten Malang. Penerapan penggunaan jurnal belajar dilakukan setelah proses pembelajaran. Peningkatan kemampuan berpikir kritis lebih efektif terjadi pada kelompok eksperimen daripada kontrol

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 06 Apr 2016 08:36
Last Modified: 06 Apr 2016 08:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25070

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo