KONSTRUKSI IDENTITAS SEKOLAH ISLAM TERPADU (Studi Kasus di SDIT Al-Wathoniyah dan SDIT Al-Hidayah Kabupaten Sumenep)

Majid, Ach. Nurholis (2023) KONSTRUKSI IDENTITAS SEKOLAH ISLAM TERPADU (Studi Kasus di SDIT Al-Wathoniyah dan SDIT Al-Hidayah Kabupaten Sumenep). Doctoral thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (764kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Persoalan identitas lembaga pendidikan adalah persoalan kesadaran, sikap, dan tindakan yang akan berpengaruh terhadap keseluruhan komponen dalam proses pendidikan. Lembaga pendidikan tanpa identitas yang jelas juga berakibat pada ketidakjelasan proses pendidikan yang menyangkut kurikulum, tujuan, maupun metode pembelajaran pendidikan agama Islam. Selain itu, identitas juga sangat berpengaruh terhadap ekosistem pendidikan, hubungan antara lembaga satu dengan yang lain. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: (1) konstruksi identitas Sekolah Islam Terpadu di SDIT Al-Wathoniyah dan SDIT Al-Hidayah Sumenep (2) proses konstruksi identitas Sekolah Islam Terpadu di SDIT Al-Wathoniyah dan SDIT Al-Hidayah Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memilih jenis studi kasus berbasis rancangan multi situs. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk mengetahuan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal. Pertama, secara umum konstruksi identitas Sekolah Dasar Islam Terpadu di Sumenep terdiri dari tiga unsur penting, yakni keislaman, keterpaduan dan kelokalan. Keislaman artinya, seluruh identitas sekolah Islam terpadu didasarkan pada nilai keislaman ahlussunnah wal jamāah. Identitas keterpaduan berarti keterpaduan kurikulum, peran guru dan orang tua, identitas jiwa pendidik, keterpaduan lembaga-lembaga di bawah satu yayasan. Sementara maksud kelokalan komponen-komponen identitas adalah penciri yang diambil dari kearifan lokal dan berdampak pada kurikulum pendidikan. Kedua, dalam proses konstruksi identitas, sekolah Islam terpadu berdinamika dalam empat hal fundamental yakni narasi masa lalu, perjuangan dan pergerakan, keliyanan dan inspirasi identitas. Penelitian ini menemukan bahwa identitas Sekolah Islam Terpadu adalah sekolah integral berbasis proses liminal-dinamis.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Student ID: 202010520111007
Keywords: konstruksi identitas, sekolah islam terpadu, integral
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Doctor of Islam Religion Education (70034)
Depositing User: zawawi Moh. Zawawi, A.Md
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:28
Last Modified: 20 Oct 2023 03:28
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item
View Item