PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN STRATEGI CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI PLSV DAN PtLSV PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARANGAN

Fithriya Wardhati, Lucky (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN STRATEGI CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI PLSV DAN PtLSV PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KARANGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_REALISTIK_DENGAN_STRATEGI_CREATIVE_PROBLEM_SOLVING_PADA_MATERI_PLSV_DAN_PtLSV_PADA_SISWA_KELAS_VII_SMP_NEGERI_1_K.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlu adanya suatu pilihan model pembelajaran untuk merubah paradigma mengajar pada mata pelajaran matematika yang memposisikan peserta didik sebagai objek belajar pasif, menerima konsep dan formula matematika, menjadi kegiatan pembelajaran siswa aktif dan kreatif menemukan serta mengaplikasikan konsep dalam menyelesaikan permasalahan terkait dengan matematika dalam kehidupan nyata yang salah satu alternatifnya yaitu model pembelajaran matematika realistik dengan strategi creative problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana merancang model pembelajaran matematika realistik dengan strategi creative problem solving pada materi PLSV dan PtLSV serta untuk mengetahui bagaima aktivitas dan respon siswa kelas VII SMP Negeri 1, Karangan terhadap penerapan model pembelajaran matematika realistik dengan strategi creative problem solving pada materi PLSV dan PtLSV. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Karangan dengan jumlah 35 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar oservasi untuk mengetahui aktivitas siswa dan angket vi untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran yang dilaksanakan. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai akhir yang merupakan kumpulan dari penilaian aktivitas individu dan kelompok, LKS, PR, tugas serta ulangan harian pada akhir kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika realistik dengan strategi creative problem solving pada materi PLSV dan PtLSV terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangan telah terlaksana sesuai dengan konsep dengan hasil yang cukup baik. Secara keseluruhan seluruh indikator penilaian aktivitas siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuan dengan rata-rata prosentase visual activities (89,3%), oral activities (77,1%), writing activities (74,6%) , mental activities (75,5%) , dan emotional activities siswa yang tampak bosan (19,3%) sedangkan siswa yang tampak gembira mengikuti kegiatan pembelajaran (80,7%). Respon siswa terhadap model pembelajaran yang dilaksanakan menunjukkan hasil yang baik dengan rata-rata nilai 36,24 dan masuk dalam kualifikasi baik. Prosentase hasil belajar siswa menunjukkan (standar sekolah) 91,43% siswa telah tuntas belajar dan 8,57% nya masih belum tuntas. Sedangkan menurut standar Depdiknas 77,1 % telah tuntas belajar dan 22,9% masih belum tuntas belajar untuk materi PLSV dan PtLSV.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 14 Apr 2012 04:09
Last Modified: 14 Apr 2012 04:09
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/2227

Actions (login required)

View Item View Item