PENERAPAN METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV MI MAMBAUL ULUM

Apria Ningsih, Rahmi (2010) PENERAPAN METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV MI MAMBAUL ULUM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_METODE_JARIMATIKA_DALAM_PEMBELAJARAN_PERKALIAN_DAN_PEMBAGIAN_SISWA_KELAS_IV_MI_MAMBAUL_ULUM.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Jarimatika adalah gabungan dari kata “ jari “ dan “ aritmatika ”, yang menarik dari jarimatika adalah cara belajar yang menyenangkan dengan mengunakan alat yaitu jari tangan, sehingga mudah untuk dipelajari dan pengusaannya tidak membutuhkan waktu lama. Dengan metode jarimatika siswa akan lebih senang belajar matematika khususnya pada operasi perkalian dan pembagian, selain itu siswa tidak akan mudah lupa karena metode jarimatika adalah hal yang dilakukan dan dilihat oleh siswa secara langsung. Penelitian ini dilaksanakan di M.I Mambaul Ulum Tegalgondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, respon, dan prestasi belajar. Jenis penelitiannya bersifat deskriptif, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitaf. Data yang diambil adalah data keterlaksanaan pembelajaran perkalian dan pembagian dengan metode jarimatika, data prestasi siswa, dan hasil angket. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran dengan metode jarimatika mulai dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga adalah baik dan berdampak positif bagi siswa, hal ini sesuai dengan indikator yang diberikan, hasil belajar siswa menunjukkan dari 33 siswa yang mengikuti tes 28 siswa dinyatakan tuntas, 5 siswa tidak tuntas, sehingga ketuntasan klasikal yang diperoleh 84, 84% dan hasil angket menunjukkan respon siswa pada pembelajaran perkalian dan pembagian dengan metode jarimatika dikategorikan sangat baik, hal ini dapat dilihat dari persentase siswa yang mendukung yaitu 79,69%. Pembelajaran dengan metode jarimatika dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di kelas karena dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam belajar matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 03 Apr 2012 04:24
Last Modified: 03 Apr 2012 04:24
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/1750

Actions (login required)

View Item View Item