PELAKSANAAN PEMBINAAN TERHADAP NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KELAS II A BLITAR (Studi Di Lembaga Pemasyarakatan Anak kelas II A Blitar)

Raodatushoalihat, Evy (2006) PELAKSANAAN PEMBINAAN TERHADAP NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KELAS II A BLITAR (Studi Di Lembaga Pemasyarakatan Anak kelas II A Blitar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PELAKSANAAN_PEMBINAAN_TERHADAP_NARAPIDANA_ANAK.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Dalam UUD 1945 dinyatakan bahwa Negara Indonesia adalah Negara hukum, karena itu sesuai dengan Equality before the law bahwa Negara wajib memberikan perlindungan hukum terhadap Warga Negaranya tampa membeda-bedakan status seseorang. Kejahatan yang dilakukan oleh narapidana anak merupakan kenakalan anak-anak yang harus dibina di Lembaga pemasyarakatan. Obyek penelitian sekaligus menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembinaan terhadap Narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Anak Klas II A Blitar? Serta apa manfaat pelaksanaan pembinaan terhadap Narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Anak Klas II A Blitar? Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif analisis yaitu data yang diperoleh akan dianalisis dan digambarkan sedemikian rupa sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan dimana hasil penelitian lapangan yang berupa data diyakini belum dapat memberikan pemecahan terhadap permasalahan yang dibahas, dan diolah, yang kemudian dipadukan dengan yang didapat dari penelitian kepustakaan yang tujuannya adalah mendapatkan jawaban permasalahan yang dikemukakan. Wujud pelaksanaan Pembinaan yang diberikan kepada Anak Didik Pemasyarakatan bemacam-macam mulai dari pendidikan, yang menekankan pada keseimbangan antara pendidikan umum, keterampilan, pendidikan dan pembinaan mental dan rohani serta pembinaan sosil budaya Dengan adanya program kegiatan pembinaan yang diselenggarakan oleh LPA Blitar dapat Memberi kesempatan bagi Napi / Anak Didik untuk meningkatkan pendidikan dari ketrampilan guna mempersiapkan diri hidup mandiri ditengah masyarakat, setelah bebas menjalani pidana. Sehingga menjadi manusia yang berguna, berperan aktif dan kreatif dalam membangun Bangsa dan negara. Sesuai dengan tujuan pembinaan. Namun banyak juga anak didik yang sering tidak mengikuti program kegiatan yang diselenggarakan oleh LPA Blitar, hal ini dapat berpengaruh terhadap prilaku anak didik setelah keluar dari LPA nanti. Bisa saja narapidana/anak didik mengulangi perbuatannya / pelanggaran lagi karena tidak memiliki pendidikan keterampilan untuk hidup mandiri ditengah masyarakat. Dengan keadaan seperti ini besar kemungkinan anak akan menjadi manusia yang tidak berguna atau sampah masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 26 Jul 2012 05:33
Last Modified: 26 Jul 2012 05:33
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13429

Actions (login required)

View Item View Item