PERANAN EDP (ELECTRONIC DATA PROCESSING) DALAM MEMBANTU AUDITOR INTERN MELAKUKAN PEMERIKSAAN PADA PT. SEMEN GRESIK (persero) Tbk.

ROFITA, ANI (2006) PERANAN EDP (ELECTRONIC DATA PROCESSING) DALAM MEMBANTU AUDITOR INTERN MELAKUKAN PEMERIKSAAN PADA PT. SEMEN GRESIK (persero) Tbk. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERANAN_EDP.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Semen Gresik (persero) Tbk. dengan judul “ Peranan EDP (Electronic Data Processing) dalam membantu auditor intern melakukan pemeriksaan pada PT. Semen Gresik (persero) Tbk.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan EDP (Electronic Data Processing) dalam membantu auditor intern melakukan pemeriksaan, dan apakah peran EDP sudah memberikan informasi yang tepat waktu, akurat, serta relevan pada internal auditor pada PT. Semen Gresik (persero) Tbk.. Dalam kaitannya dengan suatu perusahaan dimana suatu data sangatlah berperan penting dalam tubuh perusahaan tersebut. Dan penanggungjawab atas pengolahan data tersebut adalah internal auditor yang bertugas melakukan pengkajian terhadap integritas dan keakuratan pengolahan serta pelaporan informasi organisasi. Untuk pengukuran peran EDP (Electronic Data Processing) dalam membantu auditor intern melakukan pemeriksaan adalah dengan menggunakan ketepatan waktu, akurasi, dan relevansi. Adapun aplikasi yang digunakan dalam sistem komputerisasi yaitu dengan menggunakan ERP (Enterprise Resources Planning) yang merupakan induk dari sebuah program serta memberikan informasi dalam segala hal. Program-program dalam pengembangan ERP pada perusahaan PT. Semen Gresik (persero) Tbk. yaitu dengan menggunakan program JD Edwards dan program CIS (Corporare Information Sistem). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran EDP sangatlah membantu kelancaran auditor intern untuk melakukan pemeriksan pada PT. Semen Gresik (persero) Tbk. Dan dapat diketahui bahwa perusahaan dalam menggunakan sistem EDP dapat dikatakan sebagai sistem informasi yang tepat waktu, akurat, dan relevan. Dari hasil pengukuran ketepatan waktu, akurat, dan relevan secara umum peran EDP (Electronic Data Processing) pada PT. Semen Gresik (persero) Tbk. sudah baik, karena dengan teknik audit yang berbantu komputer berkaitan dengan prosedur audit dengan sistem komputerisasi yang dapat dilakukan oleh auditor internal, dan peneliti mensarankan bahwa PT. Semen Gresik (persero) Tbk. tetap menggunakan sistem EDP karena sistem ini dapat membantu pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak Auditor Internal. Akan tetapi perlu diperhatikan adanya sumber daya manusia dengan skill yang tinggi tentang sistem komputerisasi, sehingga dapat memperlancar kinerja Auditor Internal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:26
Last Modified: 26 Jul 2012 04:26
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13398

Actions (login required)

View Item View Item