STUDENTS’ PERCEPTION ABOUT THE OPRAH SHOW (A Descriptive Qualitative Study on the Audio Visual Class Student of Communication Science Department 2002 at University Muhammadiyah Malang)

PURNANI, LULUD INDAH (2006) STUDENTS’ PERCEPTION ABOUT THE OPRAH SHOW (A Descriptive Qualitative Study on the Audio Visual Class Student of Communication Science Department 2002 at University Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
STUDENTS.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian yang berjudul PERSEPSI MAHASISIWA DALAM MENONTON TAYANGAN OPRAH WINFREY SHOW DI METROTV (Studi Deskriptif Audio Visual pada Mahasiswa Audio Visual Jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2002 di Universitas Muhammadiyah Malang)’ adalah untuk memperoleh penjelasan yang lengkap mengenai hal apa saj ayang mempengaruhi persepsi mahasiswa dalam menonton tayangan Oprah Show di MetroTV Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa audio visual yang memiliki perhatian dengan program tersebut. Wawancara terstruktur dan terbuka dengan dokumentasi dipergunakan sebagai cara untuk memperoleh data. Sementara itu wawancara dilakukan sebanyak satu kali yang mengambil tempat di kampus Universitas Muhammadiyah malang dan kediaman responden. Dalam menganalisa data peneliti menggunakan pengumpulan data, simplifikasi, klasifikasi, interpretasi, konseptualisasi, serta diskusi teoretis untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang mempengaruhi persepsi mahasiwa dalam menonton tayangan Oprah Show di METROTV. Peneliti menggunakan Uses and Gratification Theory, Dependency Theory serta Self Perception Theory dari Daniel McLelland Pada penelitian ini terungkap bahwa ada dua faktor utama memepenharuhi persepsi mahasiiswa dalam menonton tayangan The Oprah Show di METROTV, yaitu Faktor teknis yang terdiri dari format acara, dekorasi panggung, tata suara, tata lampu, komposisi gambar, operasionalisasi kamera dan mixing serta Faktor Psikologis yang berupa ketertarikan terhadap pembawa acara, para akademia, dan rasa keingintahuan penonton terhasdap tem apa yang akan di bawakan pada episode yang akan datang. Ada beberapa hal yang direkomendasikan dimana peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan penelitian serupa dengan perspektif yang lebih beragam untuk memperoleh hasil yang lebih optimal, seperti melakukan penekanan pada tahapan pra produksi, produksi, maupun pasca produksi. Selain itu pihak manajemen METROTV diharapkan mampu melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas di berbagai macam segi, seperti pengajar dan format acaranya sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 25 Jul 2012 05:42
Last Modified: 25 Jul 2012 05:42
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13219

Actions (login required)

View Item View Item