PENERAPAN ACTIVITY BASED MANAGEMENT (ABM) SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA PT. MAYATAMA MANUNGGAL SENTOSA MALANG

SANTY. A, ANASTASIA (2006) PENERAPAN ACTIVITY BASED MANAGEMENT (ABM) SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA PT. MAYATAMA MANUNGGAL SENTOSA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN_ACTIVITY_BASED_MANAGEMENT.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian terapan (applied research) dengan judul ”Penerapan Activity Based Management sebagai sarana untuk meningkatkan efisiensi biaya produksi pada PT. Mayatama Manunggal Sentosa Malang”. Penelitian terapan merupakan tipe penelitian yang menekankan pada pemecahan masalah-masalah praktis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menerapkan Activity Based Management secara empiris untuk meningkatkan efisiensi biaya produksi pada PT. Mayatama Manunggal Sentosa Malang. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada PT. Mayatama Manunggal Sentosa ada beberapa aktivitas produksi yang tidak memberikan nilai tambah sehingga berakibat pemborosan bagi perusahaan. Melalui analisis aktivitas, yaitu pengeliminasian aktivitas tidak bernilai tambah, biaya aktivitas dapat berkurang sehingga dapat menekan biaya produksi. Dari hasil analisis aktivitas di atas dapat disimpulkan bahwa cost effeciency pada PT. Mayatama Manunggal Sentosa Malang telah tercapai. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan konsep Activity Based Management mampu mengeliminasi pemborosan. Penulis mengimplikasikan sebaiknya manajemen perusahaan menggunakan informasi aktivitas untuk mencapai cost effeciency dengan cara penerapan dua dimensi Activity Based Management. Informasi aktivitas-aktivitas tersebut memberi pemahaman bagi pihak manajemen untuk menghilangkan sumber pemborosan. Keberhasilan Activity Based Management ini tidak lepas dari dukungan dan peran serta kerjasama seluruh bagian dari departemen yang ada pada PT. Mayatama Manunggal Sentosa Malang. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan penelitian selanjutnya serta menambah wawasan bagi peneliti selanjutnya berkaitan dengan identifikasi aktivitas perusahaan, pengeliminasian non value added activity untuk mencapai efisiensi biaya melalui analisis Activity Based Management.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 25 Jul 2012 02:25
Last Modified: 25 Jul 2012 02:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/13056

Actions (login required)

View Item View Item