ANALISIS POSISI PERSAINGAN GUNA MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN GENTENG UD KURNIA JEMBER

Nurul Isnaini, Siti (2006) ANALISIS POSISI PERSAINGAN GUNA MERUMUSKAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN GENTENG UD KURNIA JEMBER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_POSISI_PERSAINGAN_GUNA_MERUMUSKAN_STRATEGI_PEMASARAN_PADA_PERUSAHAAN_GENTENG_UD_KURNIA_JEMBER.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada perusahaan genteng UD Kurnia Jember dengan judul “Analisis Posisi Persaingan Guna Merumuskan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Genteng UD Kurnia Jember”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi pasar perusahaan genteng UD Kurnia Jember dan strategi pemasaran yang sesuai dengan posisi pasar perusahaan genteng UD Kurnia Jember dalam persaingan di Jember. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui posisi pasar perusahaan genteng UD Kurnia Jember adalah analisis pangsa pasar. Analisis yang kedua adalah analisis ETOP (Enviromental Threats and Opportunity Profile) untuk menganalisis peluang dan ancaman. Analisis yang ketiga adalah analisis SAP (Strategy Adventage Profile) yang digunakan untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan. Hasil perhitungan dengan menggunakan analisis pangsa pasar diperoleh hasil penguasaan pangsa pasar sebesar 32,02%. Hasil analisis dengan menggunakan analisis ETOP dapat diketahui bahwa terdapat peluang yang muncul dari lingkungan eksternal yaitu pertumbuhan ekonomi, pendapatan masyarakat, demografi, dan peraturan pemerintah. Sedangkan lingkungan eksternal yang menjadi ancaman yaitu inflasi, teknologi, dan pesaing. Hasil analisis dengan menggunakan analisis ETOP dapat diketahui bahwa terdapat kekuatan perusahaan yaitu kualitas produk, potongan harga, dan kapasitas kendaraan. Sedangkan kelemahannya yaitu model produk, harga, transportasi, promosi. Dari hasil analisis pangsa pasar, sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan, maka perusahaan genteng UD Kurnia Jember menempati posisi sebagai penantang pasar ( Market Challenger). Berdasarkan penelitian diatas, maka penulis dapat mengimplementasikan bahwa sebaiknya perusahaan genteng UD Kurnia Jember menggunakan strategi serangan menyamping. Dimana dalam strategi ini perusahaan menambah produksi genteng yang berkwalitas rata-rata atau rendah yang ditujukan pada segmen menengah ke bawah. Sehingga diharapkan konsumen nantinya dapat leluasa untuk memilih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 24 Jul 2012 05:39
Last Modified: 24 Jul 2012 05:39
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12999

Actions (login required)

View Item View Item