ANALISIS PENGARUH HARGA JUAL TERHADAP VOLUME PENJUALAN DAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN(Studi Kasus Pada PT AQUA Golden Mississippi,Tbk)

SERDYATIK, YENI (2006) ANALISIS PENGARUH HARGA JUAL TERHADAP VOLUME PENJUALAN DAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN(Studi Kasus Pada PT AQUA Golden Mississippi,Tbk). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_PENGARUH_HARGA_JUAL_TERHADAP_VOLUME_PENJUALANDAN_PROFITABILITAS_PERUSAHAAN.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan study kasus pada PT Aqua Golden Mississipi, Tbk dengan judul “Analisis Pengaruh Harga Jual Terhadap Volume Penjualan dan Profitabilitas Perusahaan. (Studi Kasus Pada PT AQUA Golden Mississippi,Tbk)”. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji apakah harga jual mampu mempengaruhi tingkat volume penjualan dan profitabilitas perusahaan (net profit margin) PT Aqua Golden Mississipi, Tbk Dalam penelitian ini hipotesis yang terbentuk adalah: Harga jual berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan dan profitabilitas perusahaan (net profit margin). Alat analisa yang digunakan untuk mengetahui apakah harga jual mempengaruhi volume penjualan dan net profit margin adalah menggunakan regresi linear sederhana yang sebelumnya dilakukan pengujian terhadap normalitas data. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa pengaruh harga jual terhadap volume penjualan dan pengaruh harga jual terhadap net profit margin, dapat diketahui bahwa volume penjualan mempunyai R square (97,4 >60) yang lebih besar daripada net profit margin, korelasi harga dengan volume penjualan lebih besar daripada korelasi harga dengan net profit margin (98,7 % > 60 %) serta volume penjualan mempunyai Thitung yang lebih besar daripada Ttabel (17,295 > 3,017) sedangkan net profit margin mempunyai nilai Thitung yang lebih kecil daripada T tabel (2,120 < 3,017). Dari hasil uji di atas, maka dapat disimpulkan harga lebih berpengaruh terhadap volume penjualan daripada profitabilitas perusahaan. Pernyataan tersebut sesuai dengan grafik/trend yang terbentuk dari hasil perbandingan antara harga dengan volume penjualan dan profitabilitas perusahaan (net profit margin). Berdasarkan kesimpulan diatas, Penulis dapat mengimplikasikan bahwa agar nilai laba PT. Aqua Golden Mississipi, Tbk dapat meningkat dengan optimal sesuai dengan yang diestimasikan, maka perusahaan dapat menggunakan Margin Kontribusi sebagai dasar penetapan harga atau menggunakan perhitungan total biaya ditambah dengan persentase laba yang diinginkan. Dalam hal ini persentase laba dapat diperoleh dari perhitungan Return On Investment (ROI).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:47
Last Modified: 24 Jul 2012 04:47
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12979

Actions (login required)

View Item View Item