ANALISA ISI PENDIDIKAN DAN HIBURAN Studi Pada Rubrik MUDA Harian KOMPAS Edisi 2 Desember 2005 – 27 Januari 2006

Nurofia, Yunita Dian (2006) ANALISA ISI PENDIDIKAN DAN HIBURAN Studi Pada Rubrik MUDA Harian KOMPAS Edisi 2 Desember 2005 – 27 Januari 2006. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISA_ISI_PENDIDIKAN_DAN_HIBURANStudi_Pada_Rubrik_MUDA_Harian_KOMPASEdisi_2_Desember_2005.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Keywords: Pendidikan Dan Hiburan, Analisis Isi Rubrik Muda Kompas Edisi 2desember 2005-27 Januari 2006 Media massa merupakan salah satu faktor penting dalam mengubah realitas social. Perubahan budaya secara universal mendorong masyarakat untuk mencari lebih banyak informasi, dan media massa hadir dengan menawarkan berbagai macam informasi yang dapat secara mudah diakses oleh masyarakat umum. Remaja adalah bagian dari masyarakat, mereka dan problematikanya akan selalu menarik untuk dibahas. Bagi media, ini adalah sebuah peluang utuk memasuki dunia mereka dengan menghadirkan beragam media yang berisi informasi khusus untuk remaja, dan di klaim sebagai media pendidikan. Media pendidikan dihadirkan dengan maksud untuk menonjolkan informasi pendidikan ketimbang hiburan, namun dominasi media massa terhadap informasi hiburan membuat praktek dan substansi pendidikan dalam sebuah media massa menjadi inferior. Secara umum media massa memang memiliki fungsi mendidik dan menghibur. Namun jika dikaitkan dengan salah satu tanggungjawab remaja yaitu belajar, maka media massa yang dikhususkan bagi remaja hendaknya dalam kerangka mendidik, dengan memberikan perhatian yang lebih pada isi pendidikan ketimbang hiburan, sehingga media massa bisa dijadikan sebagai media pendidikan massa. Dengan menggunakan metode analisis isi, yaitu secara deskriptif, sistematis dan kuantitatf dalam meneliti isi dari sebuah media massa. Penelitian ini akan membandingkan frekuensi kemunculan dari isi pendidikan dan hiburan, berdasarkan pada ruang lingkup dan objek penelitian yaitu, pada Rubrik Muda Harian Kompas edisi 2 desember 2005-27januari 2006. Cara pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan mendokumentasikan yang dilanjutkan dengan pengklasifikasian berdasarkan kategori dan diteruskan dengan penghitungan dengan tehnik statistik baku menggunakan tabulasi dalam tabel frekuensi. Struktur kategori Pendidikan Dan Hiburan Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Pendidikan Jasmani dan Keterampilan, Pendidikan Seni, Pendidikan Intelektual, Pendidikan Moral, Pendidikan Agama, Pendidikan Politik, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Lingkungan Hidup Dan Alam, Pendidikan Keluarga. Sedangkan kategori hiburan adalah, hiburan umum, edutaiment, dan infotaiment. Dari permasalahan yang ada dapat diperoleh gambaran hasil bahwa Rubrik Muda memiliki perhatian pada penyajian isi pendidikan, yaitu sebanyak 73.68% dan di dominasi oleh kategori pendidikan IPTEK yang berisi berbagai macam ilmu pengetahuan dan aplikasi teknologi.. Hiburan dalam Rubrik Muda mendapat tempat setelah Pendidikan dengan perhatian sebanyak 26.32% dan di dominasi oleh kategori Hiburan umum yang berisi permainan, pertunjukan traveling dan tren. Atau dengan kata lain sense to educate Rubrik Muda Harian Kompas lebih dominan dibandingkan dengan sense to entertainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:30
Last Modified: 24 Jul 2012 04:30
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12970

Actions (login required)

View Item View Item