PENENTUAN JENIS PRODUK KERAMIK BERDASARKAN MINAT DAN LOKASI KONSUMEN (Study Kasus Di Industri kecil Keramik Dinoyo Malang)

MAULUTI NINGTIAS, HETTI (2006) PENENTUAN JENIS PRODUK KERAMIK BERDASARKAN MINAT DAN LOKASI KONSUMEN (Study Kasus Di Industri kecil Keramik Dinoyo Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENENTUAN_JENIS_PRODUK_KERAMIKBERDASARKAN_MINAT_DAN_LOKASI_KONSUMEN.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Produk keramik merupakan salah satu benda atau aksesoris yang berfungsi untuk memperindah, melengkapi, dan membuat “hidup” suatu tempat, ruangan, aula, dll agar tampak nilai estetikanya (keindahan). Dalam hal ini perusahaan menginginkan sesuatu yang beda dari segi kualitas, ergonomic, dan estetika suatu produk seiring dengan jenis permintaan konsumen yang sifatnya fluktuatif dan cenderung menuntut hal yang baru (mengikuti mode yang sedang berlangsung). Metode yang digunakan adalah metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) yang nantinya akan memberikan suatu nilai prioritas akhir (global). Prioritas global ini diperoleh dari perkalian antar matriks yangmemuat prioritas local pada semua criteria yang menjadi sasaran. Jenis keramik yang memiliki nilai prioritas akhir paling besar dapat dijadikan sebagai indicator bahwa keramik tersebut merupakan keramik yang paling diminati menurut perspektif konsumen, dimana dalam hal ini komsumen tetap adalah pihak berkepentingan yang memiliki bobot suara terbesar. Dari metode ini hasil yang diperoleh adalah nilai prioritas akhir pada masing-masing jenis keramik, yaitu prioritas terbesar dimiliki jenis keramik Vas Bunga sebesar 78,39 %, kemudian jenis keramik Souvenir sebesar 38,21 %, kemudian jenis keramik Guci sebesar 15,53 %, prioritas terendah dimiliki oleh jenis keramik Lampu Set sebesar 7,27 %. Dari hasil analisa wilayah distribusi dengan menggunakan Analisa Cluster untuk membebtuk segmen. Analisa Cross Classified Frequency (crosstab) digunakan untuk membidik segmen sasarannya. Dari metode tersebut terbentuk 6 segmen dan diperoleh untuk wilayah distribusi produk keramik yang mempunyai potensi besar dengan prosentase 57,1 % adalah wilayah Soekarno Hatta Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 21 Jul 2012 04:11
Last Modified: 21 Jul 2012 04:11
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12606

Actions (login required)

View Item View Item