ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA HOTEL UNIVERSITY INN MALANG

SURYA ANANG P, DWI (2006) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA HOTEL UNIVERSITY INN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_KUALITAS_PELAYANAN_PADA_HOTEL__UNIVERSITY_INN_MALANG.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kualitas Pelayanan Pada Hotel University INN Malang”. Jenis penelitian yang digunakan adalah survey. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui variabel kualitas pelayanan yang meliputi reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada hotel University INN Malang dan untuk mengetahui variabel kualitas pelayanan yang memberikan kontribusi terbesar terhadap kepuasan pelanggan pada hotel University INN Malang. Kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi perusahaan yaitu sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijaksanaan tentang kualitas layanan di masa yang akan datang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis logistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan yang meliputi reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di hotel University INN Malang. Pengaruh variabel kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di hotel University INN Malang dapat diuraikan yaitu variabel reliabilitas sebesar 0,304%, daya tanggap sebesar 0,299%, jaminan sebesar 0,279%, empati sebesar 0,271% dan bukti fisik sebesar 0,204%. Dari variabel kualitas layanan tersebut, ternyata variabel reliabilitas memberikan kontribusi terbesar terhadap kepuasan pelanggan pada hotel University INN Malang. Beberapa saran yang dapat yang dapat diajukan dalam penelitian ini yaitu diharapkan University INN untuk melakukan kebijakan-kebijakan yang bertujuan agar mempertahankan variabel reliabilitas karena, pada variabel tersebut memberikan kontribusi terbesar pada kepuasan pelanggan, dimana perusahaan sudah memberikan kepuasan dengan persediaan sesuai dengan yang ditawarkan, dalam menangani masalah pelanggan pihak hotel dapat diandalkan dan dalam penyampaian jasa sudah sesuiai dengan waktu yang ditawarkan.. Hendaknya University INN lebih meningkatkan pelayan khususnya pada daya tanggap dan empati karena, pada variabel tersebut kurang memberikaqn kontribusi yang besar pada perusahaan, yaitu kecepatan, ketepatan dalam memberikan pelayanan dan kemudahan pelanggan dalam menyampaikan keluhan serta, sikap para karyawan yang tidak membeda0bedakan dalam memberikan pelayanan dan kesopanan para karyawan dalam melayani pelanggan. Dalam melakukan usaha-usaha agar pelayan yang dirasakan ole konsumen maka diharapkan University INN juga tetap menawarkan fasilitas-fasilitas yang sama atau disesuaikan, seperti pada hotelhotel berbintang tiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 21 Jul 2012 03:24
Last Modified: 21 Jul 2012 03:24
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12577

Actions (login required)

View Item View Item