ANALISIS TREND PENAWARAN CABAI BESAR (Capsicum annuum L.) (Studi Kasus Di Desa Sukomaju Kecamatan SronoKabupaten banyuwangi)

Sholehudin, M. (2006) ANALISIS TREND PENAWARAN CABAI BESAR (Capsicum annuum L.) (Studi Kasus Di Desa Sukomaju Kecamatan SronoKabupaten banyuwangi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_TREND_PENAWARAN_CABAI_BESAR.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada petani cabai besar di Desa Sukomaju Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi dengan judul “Analisis Trend Penawaran Cabai Besar (Capsicum annuum L.) (Studi Kasus Di Desa Sukomaju Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah produksi dan harga cabai besar tahun 2000 - 2005 di Banyuwangi dan untuk mengetahui pengaruh luas panen dan harga cabai terhadap jumlah produksi cabai besar di Banyuwangi. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui perkembangan jumlah produksi dan harga cabai besar tahun 2000 - 2005 di Banyuwangi adalah analisis trend. Adapun untuk mengetahui pengaruh luas panen dan harga cabai terhadap jumlah produksi cabai besar di Banyuwangi digunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis trend, penelitian ini menyimpulkan bahwa perkembangan (trend) jumlah produksi cabai besar di Banyuwangi mengalami kenaikan sebesar 642,94 ton per tahun. Sedangkan perkembangan harga penawaran cabai besar per kilogram di Banyuwangi juga mengalami kenaikan sebesar Rp. 236,6 per tahun. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara simultan luas panen dan harga cabai besar berpengaruh signifikan terhadap jumlah produksi cabai besar yang ditawarkan oleh petani di Banyuwangi. Secara parsial, luas panen berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah produksi cabai besar yang ditawarkan oleh petani di Banyuwangi. Artinya, setiap semakin luas panen yang dilakukan oleh petani cabai besar maka akan semakin banyak jumlah produksi cabai besar yang ditawarkan oleh petani di Banyuwangi. Sedangkan harga penawaran cabai besar memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap jumlah produksi cabai besar yang ditawarkan oleh petani di Banyuwangi. Artinya, semakin mahal harga cabai besar yang ditawarkan maka mengindikasikan bahwa jumlah produksi yang ditawarkan oleh petani di Banyuwangi semakin sedikit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 18 Jul 2012 05:07
Last Modified: 18 Jul 2012 05:07
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12366

Actions (login required)

View Item View Item