ANALISIS KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CAPM UNTUK PERUSAHAAN PERUSAHAAN YANG MASUK KATEGORI JII (Jakarta Islamic Index)

LESTARI, IKA DEWI (2006) ANALISIS KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CAPM UNTUK PERUSAHAAN PERUSAHAAN YANG MASUK KATEGORI JII (Jakarta Islamic Index). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_KEPUTUSAN_INVESTASI_DENGAN_MENGGUNAKAN_MODELCAPM_UNTUK_PERUSAHAANPERUSAHAANYANG_MASUK_KATEGORIJII.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan Deskriptif, pada perusahaan JII (Jakarta Islamic Index). Dengan judul “ Analisis Keputusan Investasi Dengan Menggunakan Model CAPM Untuk Perusahaan-Perusahaan Yang Masuk Kategori JII (Jakarta Islamic Index).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saham-saham yang efisien, dan penerapan model CAPM dalam menentukan portofolio yang efisien, serta untuk mengetahui return saham yang diharapkan dan return saham individual yang terpilih dalam portofolio efisien. CAPM (Capital Asset Pricing Model) merupakan model keseimbangan yang dapat membantu kita, untuk memahami bagaimana menentukan risiko yang relevan terhadap suatu asset, serta hubungan risiko dan return yang diharapkan untuk suatu asset ketika pasar dalam kondisi seimbang. Analisis model peramalan ini menggunakan factor-faktor input seperti: return ekspektasi, market return, risk free, dan beta digunakan sebagai indeks tunggal pengukur risiko sistematis. Berdasarkan hasil perhitungan dengan model CAPM dapat disimpulkan bahwa terdapat 21 saham efisien yang berada pada posisi undervalued dengan tingkat pengembalian saham individual lebih besar dari tingkat pengembalian yang diharapkan dan terdapat 9 saham yang tidak efisien yang berada pada posisi overvalued. Hal ini menunjukkan bahwa beta (β) berkorelasi positif dengan return (Ri) yaitu jika beta mengalami kenaikan, maka return saham akan ikut naik. Yang ditunjukkan dengan beta (β) hasil regristasi secara signifikan dengan premi risiko (E(Rm-Rf) sebesar 0.00127. Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan sebaiknya investor menanamkan modalnya pada saham efisien yaitu pada posisi saham yang undervalued, dengan proporsi dana yang telah ditentukan untuk mendapatkan keuntungan yang optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 17 Jul 2012 02:11
Last Modified: 17 Jul 2012 02:11
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12237

Actions (login required)

View Item View Item