JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN BAGI TENAGA KERJA BESERTA KELUARGA DALAM PROGRAM JAMSOSTEK (Studi Kantor Jamsostek Cabang Malang)

Susantiningsih, Rika (2006) JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN BAGI TENAGA KERJA BESERTA KELUARGA DALAM PROGRAM JAMSOSTEK (Studi Kantor Jamsostek Cabang Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
JAMINAN_PEMELIHARAAN_KESEHATAN_BAGI_TENAGA_KERJA_BESERTA_KELUARGA_DALAM_PROGRAM_JAMSOSTEK.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Tenaga kerja akhir-akhir ini sangat popular dikalangan masyarakat, ini dikarenakan dalam melakukan operasinya perusahaan memerlukan bantuan atau peranan tenaga kerja. Sebagai pemilik modal pengusaha bisa berkuasa dan berbuat sekehendak hatinya sedangkan pekerja yang bermodalkan tenaga selalu ditempatkan sangat jauh dari posisi dengan pengusaha. Hal ini menyebabkan kedudukan tenaga kerja adalah pihak yang lemah, karena membutuhkan pekerjaan untuk bertahan hidup dan mmenuhi kebutuhannya. Seiring terjadinya perselisihan antara pekerja dengan pengusaha mencerminkan belum adanya kesadaran untuk menjunjung tinggi nilai-nilai yang ada dalam hubungan kerja. Dengan tidak adanya pemenuhan hak kesehatan dan keselamatan kerja bagi tenaga kerja ini merupakan suatu pelanggaran dari pasal 86 Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenaga Kerjaan dimana dalam pasal tersebut menyatakan bahwa setiap pekerja atau buruh mempunyai hak memperoleh perlindungan atas kesehatan dan keselamatan kerja. Adanya kenyataan tersebut menjadikan tenaga kerja untuk mengetahui hak dan mendaftarkan tenaga kerjanya dalam program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan yang diselenggarakan oleh PT. Jamsostek. Dimana tenaga kerja beserta keluarga akan diberikan kemudahan dalam pelaksanaan JPK sesuai dengan ketetapan. Untuk memperoleh data, penulis mengunakan beberapa teknik yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, studi kepustakaan dan selanjutnya penulis mengolah data dengan metode deskriptif analisis dengan cara menghubungkan data yang diperoleh dengan teori-teori dan peraturan perundang-undangan yang akhirnya diperoleh suatu kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang diperoleh data sebagai berikut : Pada dasarnya hak kesehatan kerja adalah hak seluruh pekerja yakni 1). Perlunya pelayanan kesehatan terhadap kesehatan dan keselamatan kerja merupakan faktor yang dapat menumbuhkan motifasi kerja atau dapat menjadi sumber kepuasan kerja. Adapun hambatan dalam pelaksanaan Program JPK di malang 1). Menurut Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor KEP-150/MEN/1999 tentang penyelenggaraan Program Jamsostek bagi Tenaga Kerja Harian Lepas, Borongan dan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu pengusaha wajib memberikan jaminan kesehatan kerja. 2). Pihak penyelenggara dalam melaksanakan program JPK dalam mendata tenaga kerja yang menggunakan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada tenaga kerja. Dengan adanya ketetapan yang menjaminan keselamatan dan kesehatan tenaga kerja, mereka tidak dirugikan maka sudah seharusnya pengusaha mengikut sertakan tenaga kerjanya dalam pelaksanaan program JPK, selain itu juga pengusaha seharusnya membuat perjanjian khusus dengan tenaga kerjaberkaitan dengan program JPK. Sedangkan bagi tenaga kerja selaku peserta dapat melaksanakan program JPK sesuai dengan prosedur yang ada. Serta bagi pihak penyelenggara dapat meningkatkan kualitas kerjanya untuk kepuasan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 16 Jul 2012 05:40
Last Modified: 16 Jul 2012 05:40
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12152

Actions (login required)

View Item View Item