ANALISIS KEBIJAKAN PENJUALAN KREDIT DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN PADA PT. GUNUNG SELATAN CIPTA REKSA SAMARINDA

Julianingsih, Lucky (2006) ANALISIS KEBIJAKAN PENJUALAN KREDIT DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN PADA PT. GUNUNG SELATAN CIPTA REKSA SAMARINDA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_KEBIJAKAN_PENJUALAN_KREDIT_DALAM_MENUNJANG_EFEKTIVITAS_PENJUALAN_PADA_PT.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Gunung Selatan Cipta Reksa Samarinda, mengenai “ Analisis Kebijakan Penjualan Kredit dalam Menunjang Efektivitas Penjualan Pada PT. Gunung selatan cipta reksa Samarinda”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan penjualan kredit dan untuk menguji efektif atau tidak efektifnya kebijakan penjualan kredit dari kebijakan yang ditetapkan PT. Gunung Selatan Cipta Reksa Samarinda. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Kebijakan yang ditetapkan oleh PT. Gunung Selatan Cipta Reksa Samarinda belum dapat menunjang efektivitas penjualan. hal ini bisa dilihat dari efektivitas pengelolaan piutang terdiri dari perputaran piutang dan hari rata-rata pengumpulan piutang. Masing-masing kebijakan yang ditetapkan oleh PT. Gunung Selatan Cipta Reksa Samarinda adalah untuk tahun 2002 sebanyak 8 kali dan selama 45 hari. Tahun 2003 dan tahun 2004 sebanyak 12 kali dan selama 30 hari. Namun realisasinya untuk tahun 2002 adalah sebanyak 3,4 kali dan selama 105 hari. Untuk tahun 2003 adalah sebanyak 3,5 kali dan selama 102 hari. Sedangkan untuk tahun 2004 adalah 5 kali dan selama 42 hari. Masing-masing keterlambatan untuk tahun 2002 adalah 4,6 kali dan 60 hari. tahun 2003 adalah 8,5 kali dan 72 hari sedangkan untuk tahun 2004 adalah 7 kali dan 42 hari. Apabila kebijakan yang ditetapkan sesuai dengan realisasinya maka, pada tahun 2002 prosentase kesempatan penjualan yang hilang sebesar 21,66%, tahun 2003 prosentase kesempatan Penjualan yang hilang sebesar 11,66% dan tahun 2004 prosentase kesempatan penjualan yang hilang sebesar 14,66%. Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa kebijakan piutang belum dapat menunjang efektivitas penjualan. Hal ini disebabkan kebijakan yang ditetapkan tidak sesuai dengan realisasinya, sehingga besarnya kesempatan yang hilang dalam penjualan. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini adalah peneliti tidak melakukan usulan syarat kredit dikarenakan hanya membahas tentang keefektivitasan penjualan. Dalam penelitian ini peneliti melakukan analisis kebijakan kredit pada persyaratan kredit yang menyangkut jangka waktu kredit untuk mendapatkan besarnya kesempatan penjualan yang hilang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 16 Jul 2012 02:28
Last Modified: 16 Jul 2012 02:28
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12112

Actions (login required)

View Item View Item