ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA MUTU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBAGAI BAGIAN DARI IMPLEMENTASI TEKNIK TOTAL QUALITY MANAGEMENT (Studi Kasus Pada PT. Iqbal Furniture)

Tabi’in, Tabi’in (2006) ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA MUTU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBAGAI BAGIAN DARI IMPLEMENTASI TEKNIK TOTAL QUALITY MANAGEMENT (Studi Kasus Pada PT. Iqbal Furniture). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_PENGENDALIAN_BIAYA_MUTU_DALAM_UPAYAMENINGKATKAN_KINERJA_KEUANGAN_PERUSAHAAN_SEBAGAIBAGIAN_DARI_IMPLEMENTASI_TEKNIK_TOTAL_QUALITYMANAGEMENT.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Perubahan dalam dunia perekonomian yang ditandai dengan semakin kuatnya arus globalisasi, didukung dengan revolusi teknologi yang begitu tinggi dalam dunia bisnis. menyebabkan perubahan yang luar biasa dalam persaingan, produksi, pemasaran dan pengelolaan sumber daya oleh perusahaan-perusahaan yang menginginkan kelangsungan hidupnya terus terjaga. Akibat dari kondisi tersebut, terjadi pergeseran kekuasaan pasar dari produsen yang mengendalikan bisnis, berubah ke arah konsumen yang memegang kendali bisnis. Arah perubahan dalam bisnis lebih bersifat konstan, pesat, radikal dan serentak. Konsumen menjadi semaki sadar biaya dan sadar akan nilai dalam memilih produk-produk yang diinginkan. Salah satu strategi perusahaan untuk dapat bertahan hidup dalam kondisi tersebut adalah dengan menggunakan model total quality management dalam dan menerapkan pengendalian biaya mutudalam menjalankan perusahaanya. Penelitian ini dilakukan pada PT Iqbal Furniture dengan judul ”Analisis Pengendalian Biaya Mutu Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebagai Bagian Dari Implementasi Teknik Total Quality Management” dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana perusahaan menerapkan model total quality management dalam menjalankan roda bisnisnya, dan menggambarkan Menggambarkan bagaimana perusahaan menyusun, melaporkan, dan mengendalikan biaya mutu yang terjadi akibat operasional perusahaanya. Metode analisis yang digunakan adalah dengan mendeskripsikan bagaimana perusahaan menerapkan model total quality management dan menggambarkan pelaporan dan pengendalilan biaya mutu di perusahaan. Untuk menggambarkan bagaimana perusahaan mengendalikan biaya mutunya maka dilakukan identifikasi biaya-biaya yang berhubungan dengan baiya mutu dengan cara mengelompokannya, membuat laporan biaya tahunan, menganalisis biaya mutu dengan menggunakan dasar penjualan, menganalisis pelaporan biaya mutu dengan metode interim standart report, menganalisis pelaporan biaya mutu dengan metode One Year Trend, dan Menganalisia laporan biaya mutu dengan metode Multiple Period Trend. Hasil analisis menunjukan bahwa perusahaan telah menerapkan model total quality management dengan baik terbukti dengan dilaksanakanya pilar-pilarnya meliputi : pilar komitmen, pilar kepemimpinan, pilar organisasi, pilar produk dan pilar proses. Dari analisis pengendalian biaya mutu pada PT Iqbal Furnitur juga sudah cukup baik terbukti dengan adanya penurunan realisasi biaya mutu sebesar 0,842% dari Rp. 4.577.000,- pada tahun 2004 menjadi Rp. 4.538.800,- pada tahun 2005. penurunan biaya mutu juga diikuti dengan kenaikan penjualan sebesar 14,020% yaitu dari Rp. 703.153.000,- pada tahun 2004 menjadi Rp. 817.812.500,- pada tahun 2005.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 13 Jul 2012 08:11
Last Modified: 13 Jul 2012 08:11
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12012

Actions (login required)

View Item View Item