PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK SAMPOERNA A MILD (Studi Pada Konsumen diKelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

Tri Wahyuni, Agus (2006) PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK SAMPOERNA A MILD (Studi Pada Konsumen diKelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_FAKTOR_PRIBADI_DAN_PSIKOLOGI_TERHADAP_KEPUTUSAN_PEMBELIAN_ROKOK_SAMPOERNA_A_MILD.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengenai perilaku konsumen yang tergolong dalam penelitian survey dengan judul “Pengaruh Faktor Pribadi Dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Sampoerna A Mild ( Studi Pada Konsumen di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang )”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Faktor Pribadi dan Psikologi mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna A Mild di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. 2) Diantara faktor pribadi dan psikologi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna A Mild di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Alat Analisis yang digunakan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna A Mild adalah dengan menggunakan alat Analisa Faktor dan Analisa Regresi Berganda. Pengujian terhadap hipotesis menggunakan Uji F dan Uji T yang berguna untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil analisa faktor diperoleh hasil analisis dengan menggunakan analisis faktor diperoleh kesimpulan bahwa dari 8 variabel pendukung dengan mempergunakan analisis faktor direduksi menjadi 2 faktor inti. Faktor pertama (X1 = pribadi) dengan nilai eigen sebesar 3,654 diberi nama faktor pribadi dan yang terdiri dari variabel usia, pekerjaan, pendapatan dan pendidikan yang mampu menjelaskan faktor sebesar 33,101%. Faktor kedua (X2 = psikologi) dengan nilai eigen sebesar 1,584 diberi nama faktor psikologi dan yang terdiri dari variabel motivasi, persepsi, belajar serta kepercayaan dan sikap yang mampu menjelaskan faktor sebesar 32,378%. Berdasarkan persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 3,833 + 0,767X1 + 0,244X2 + e Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dapat diketahui bahwa variabel yang dapat diungkap pada analisis faktor mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian rokok Sampoerna A Mild, yang ditunjukkan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel. Sedangkan besarnya pengaruh variabel X1 dan X2 adalah sebesar 55,6%, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi 0,556 sedangkan sisanya sebesar 44,4% adalah pengaruh lain yang tidak dikaji pada penelitian ini. Berdasarkan uji t dapat diketahui bahwa dari kedua variabel bebas tersebut memiliki pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil r2 parsial maka r2 (X1) variabel pribadi lebih berpengaruh daripada r2 variabel lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 13 Jul 2012 07:12
Last Modified: 13 Jul 2012 07:12
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11997

Actions (login required)

View Item View Item