UPAYA PELAYANAN PENGADUAN PENEGAKAN DISIPLIN (P3D) DALAM MENINDAK ANGGOTA POLRI YANG MELAKUKAN PELANGGARAN (Studi Di Polres Pasuruan)

Tri Wahyuni, Yuyun (2006) UPAYA PELAYANAN PENGADUAN PENEGAKAN DISIPLIN (P3D) DALAM MENINDAK ANGGOTA POLRI YANG MELAKUKAN PELANGGARAN (Studi Di Polres Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
UPAYA_PELAYANAN_PENGADUAN_PENEGAKAN_DISIPLIN.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah bagaimana cara kerja unit P3D dalam menindak anggota polri yang melakukan pelanggaran. Dimana permasalahan tersebut banyak muncul dan hal ini mengindikasikan kegagalan polri dalam membina jajarannya sebagai penegak hukum itu sendiri. Adapun permasalahan yang diangkat dalam permasalahan itu sendiri adalah bagaimanakah upaya P3D terhadap anggota polri yang melakukan pelanggaran dan apakah yang menjadi kendala bagi P3D dalam melaksanakan tugasnya tersebut yang berkaitan dengan penindakan terhadap anggota polri yang melakukan pelanggaran. Metode penulisan yang digunakan dalam kajian ini adalah metode pendekatan yuridis empirik, yaitu penelitian mengenai pembahasan permasalahan yang dilakukan terhadap fakta-fakta hukum yang terjadi berkaitan dengan permasalahan penelitian, tetap megedepankan pembahasan secara yuridis dengan berdasarkan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dan yang menjadi permasalahan yang akan diteliti yaitu pihak kepolisian unit P3D mengenai perannya dalam menindak anggota polri yang melakukan pelanggaran. Dari hasil penelitian yang dikaji menunjukan bahwa pelaksanaan P3D dalam menindak anggota polri yang melakukan pelanggaran di Polres Pasuruan telah dapat dilaksanakan sesuai dengan prosedur namun dalam pelaksanaannya dilapangan belum dapat berjalan maksimal dikarenakan adanya beberapa kendala terutama dari masyarakat yang tidak segera melaporkan apabila ada anggota polri yang berbuat kenakalan. dalam melakukan perannya upaya yang dilakukan oleh P3D dalam menindak anggota polri yang melakukan pelanggaran dengan memberikan tindakan yang tegas dan P3D dengan sungguh-sungguh sebisa mungkin berusaha untuk membuktikan bahwa anggota tersebut benar-benar telah melakukan pelanggaran dan tanpa memandang siapapun baik itu atasan maupun teman sendiri semua dianggap sama apabila mereka benar-benar terbukti melakukan kenakalan. Dan kendala yang dihadapi adalah adanya keterlambatan dari pengaduan atau pelapor yang akan menyulitkan melakukan pemeriksaan dan kurangnya pembekalan tentang penyidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 13 Jul 2012 04:14
Last Modified: 13 Jul 2012 04:14
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11987

Actions (login required)

View Item View Item