PENGARUH PENGGUNAAN JAGUNG TIRUAN TERHADAP HEN DAY PRODUCTION (HDP), BERAT TELUR DAN FEED CONVERTION RATIO (FCR) PADA AYAM PETELUR PERIODE LAYER

Triwahyuni, Arik (2006) PENGARUH PENGGUNAAN JAGUNG TIRUAN TERHADAP HEN DAY PRODUCTION (HDP), BERAT TELUR DAN FEED CONVERTION RATIO (FCR) PADA AYAM PETELUR PERIODE LAYER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PENGGUNAAN_JAGUNG_TIRUAN_TERHADAPHEN_DAY_PRODUCTION.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juni sampai 20 Juli 2006 di Desa Tegalrejo, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulung Agung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Jagung Tiruan Terhadap Hen Day Production (HDP), Berat Telur dan Feed Convertiion Ratio (FCR) Pada Ayam Petelur Periode Layer. Materi yang digunakan adalah 50 ekor ayam petelur periode layer, umur 35 minggu. Ransum yang diberikan adalah ransum campuran sendiri dengan bahan pakan yang terdiri dari Jagung, Konsntrat, Bekatul, Ubi Kayu, Kedelai dan Bungkil Kedelai. Air minum diberikan secara adlibitum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode percobaan (experiment), menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan, P0 50% jagung, P1 12,5% jagung tiruan, P2 25% jagung tiruan, P3 37,5% jagung tiruan, P4 50% jagung tiruan. Dan masing-masing perlakuan diulang 5 kali dan tiap ulangan 2 ekor ayam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan jagung buatan sebagai pengganti jagung tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap Hen Day Production (HDP), Berat Telur dan Feed Convertiion Ratio (FCR) pada ayam petelur periode layer. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, jagung buatan bisa digunakan sebagai pengganti jagung. Karena tidak berpengaruh terhadap Hen Day Production (HDP), berat telur, Feed Convertion Ratio (FCR) pada ayam petelur periode layer. Disarankan jagung buatan sebagai pengganti jagung dapat diterapkan dilapang, karena kandungan nutrien yang sama dengan jagung sehingga tidak mempengaruhi Hen Day Production (HDP), berat telur dan Feed Convertion Ratio (FCR) dan dapat menanggulangi kenaikan harga jagung yang mengkhawatirkan dunia peternakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Animal Scince
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 13 Jul 2012 03:51
Last Modified: 13 Jul 2012 03:51
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11980

Actions (login required)

View Item View Item