PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KP-RI) “DWIJA RAHARJA” KECAMATAN CANDIPURO KABUPATEN LUMAJANG

Triwulandari, Yuning Tyas (2006) PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KP-RI) “DWIJA RAHARJA” KECAMATAN CANDIPURO KABUPATEN LUMAJANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Perkembangan perekonomian menuntut setiap pelaku ekonomi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Koperasi sebagai salah satu pelaku ekonomi harus dapat memenuhi tuntutan tersebut. Untuk dapat mensejahterakan anggota dan masyarakat, setiap koperasi perlu mempunyai kinerja keuangan yang baik, sehingga perlu adanya pengukuran terhadap kinerja keuangan koperasi. Untuk itu bagi pihak KP-RI “Dwija Raharja” sangat penting dilakukan pengukuran kinerja keuangannya. Penelitian ini berjudul “Pengukuran Kinerja Keuangan pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KP-RI) “Dwija Raharja” Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang”. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kinerja keuangan KP-RI “Dwija Raharja” Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja keuangan pada KP-RI “Dwija Raharja” Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang ditinjau dari Rentabilitas Modal Sendiri, Return On Asset, Asset Turn Over, Profitabilitas, Likuiditas, Modal Sendiri/Equity terhadap Hutang dan indikator kinerja keuangan koperasi yaitu Rasio Likuiditas, Rasio Ekuitas, Rasio Biaya Operasi, dan Rasio Profitabilitas. Hipotesis sebagai jawaban sementara dalam penelitian ini yaitu kinerja keuangan KP-RI “Dwija Raharja” Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang selama periode penelitian (tahun 2003 sampai tahun 2005) adalah baik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa kuantitatif pada kinerja keuangan koperasi menggunakan metode time series dan cross section sesuai dengan surat keputusan menteri Negara Koperasi dan UKM nomor 129/Kep/M.KUKM/XI/2002 tentang pedoman klasifikasi koperasi untuk menilai kinerja keuangan koperasi. Berdasar hasil perhitungan dan uji hipotesis menyatakan bahwa perkembangan kinerja keuangan KP-RI “DwijaRaharja” selama tahun 2003 sampai dengan tahun 2005 dengan mengunakan metode time series, ditinjau dari rasio likuiditas dan rasio ekuitas adalah baik. Sebaliknya, ditinjau dari rasio biaya operasi dan rasio profitabilitas kinerja keuangannya adalah kurang baik.Berdasar hasil penilaian klasifikasi koperasi koperasi sesuai dengan surat Keputusan Menteri Negara Koperasi dan UKM nomor 129/Kep/M.KUKM/XI/2002 tentang pedoman klasifikasi koperasi, maka kinerja keuangan KP-RI “Dwija Raharja” pada tahun 2003 mendapat predikat klasifikasi kelas C (cukup baik), pada tahun 2004 mendapat predikat klasifikasi kelas D (kurang baik), dan pada tahun 2005 memperoleh predikat klasifikasi kelas C (cukup baik). Jadi hipotesis yang menyatakan bahwa KP-RI “Dwija Raharja” Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang adalah baik yaitu diterima. Implikasi yang dapat diberikan bagi koperasi adalah perlu memperhatikan dan mempertimbangkan aspek keuangan yang dapat menentukan kegiatan usaha koperasi, terutama optimalisasi dan efisiensi biaya operasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 13 Jul 2012 03:45
Last Modified: 13 Jul 2012 03:45
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11978

Actions (login required)

View Item View Item