PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI GUNA PENJADWALAN RANTAI SUPPLY KE DISTRIBUTOR DENGAN METODE SAVING MATRIX (Study kasus di PT KUTAI TIMBER INDONESIA–Probolinggo–Jawa Timur)

LANANZA, LENDRA (2006) PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI GUNA PENJADWALAN RANTAI SUPPLY KE DISTRIBUTOR DENGAN METODE SAVING MATRIX (Study kasus di PT KUTAI TIMBER INDONESIA–Probolinggo–Jawa Timur). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENENTUAN_RUTE_DISTRIBUSI_GUNAPENJADWALAN_RANTAI_SUPPLY_KE_DISTRIBUTORDENGAN_METODE_SAVING_MATRIX.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Dalam pemenuhan kebutuhan produk ke distributor perusahaan sering mengalami permasalahan disebabkan pemilihan kendaraan yang tidak tepat, kurang optimalnya dalam penggunaan kendaraan dan berakibat terjadinya arus bolak balik yang tidak teratur maka memperpanjang rute pengiriman sehingga mengakibatkan keterlambatan dan fluktuasi biaya pengiriman. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh perusahaan pada umumnya karena dalam pemenuhan kebutuhan produk sangat penting. Dengan menggunakan metode Saving Matrix dilakukan penentuan rute / jalur distribusi dari pabrik ke distributor. Dengan mengetahui jarak sebenarnya antar distributor maka diperoleh matrix penghematan atau Saving Matrix kemudian di kombinasikan dengan jumlah permintaan tiap distributor sehingga didapatkan sejumlah distributor yang dapat dipenuhi dalam satu rute pengiriman. Dengan metode Saving Matrix diperoleh penghematan jarak dan biaya sehinga diperoleh efektifitas dan efisiensi waktu tempuh pemenuhan, hal inidipengaruhi oleh pemilihan dan penggunaan kendaraan atau alat angkut yang optimal. Penghematan jarak tempuh yang didapat sebesar 242 Km sampai dengan 1430 Km dan penghematan biaya sebesar Rp 505.618,- sampai dengan Rp 2.797.770,-. Dengan demikian selama periode perencanaan penghematan jarak3,48% sampai 18.07% dan penghematan biaya 3.26% sampai dengan 15.19%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Anggit Aldila
Date Deposited: 13 Jul 2012 03:08
Last Modified: 13 Jul 2012 03:08
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11973

Actions (login required)

View Item View Item