UPAYA PARTAI POLITIK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN DALAM PARTAI POLITIK DAN PEMILU 2004 (Studi pada DPC PKB Kabupaten Bangkalan)

Udin, Usro' (2006) UPAYA PARTAI POLITIK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN DALAM PARTAI POLITIK DAN PEMILU 2004 (Studi pada DPC PKB Kabupaten Bangkalan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
UPAYA_PARTAI_POLITIK_DALAM_MENINGKATKAN_PARTISIPASI_POLITIK_PEREMPUAN_DALAM_PARTAI_POLITIK_DAN_PEMILU_2004.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Perkembangan perpolitikan tanah air sedang berada dalam suasana euphoria, di mana oleh sebagian pihak terutama kalangan pengamat dan aktivis perempuan dinilai masih belum beranjak dari bentuk lama yang mengukuhkan kaun laki-laki diatas kaum perempuan. Bahkan akhir-akhir ini muncul suatu wacana gender berkecenderungan mendeligitimasikan potensi kepemimpinan perempuan di sektor publik yang bernama politik. Tentu saja ini sangat disayangkan karena sejalan dengan peningkatan partisipasi kaum perempuan dalam dunia politik, seharusnya kaum perempuan dapat diposisikan secara lebih seimbang dalam suatu ruang publik yang selama ini banyak dinikmati kaum laki-laki. Melihat kondisi saat ini, representasi politik perempuan di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan laki-laki. Padahal jumlah perempuan di Indonesia mencapai 50% dari jumlah keseluruhan penduduk pada pemilu 1999 di mana jumlah pemilih perempuan mencapai 57%. Walaupun demikian jumlah perempuan yang menduduki posisi baik dalam parpol maupun dewan perwakilan masih jauh dari harapan, sehingga sulit untuk bisa mempengaruhi pengambilan keputusan terutama yang menyangkut perempuan dan anak-anak. Dari uraian di atas dapat diambil suatu rumusan masalah sebagai berikut: Upaya-upaya DPC PKB Kabupaten Bangkalan dalam meningkatkan partisipasi politik perempuan dalam parpol dan pemilu 2004. Jenis atau tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah kualitatif. Sementara itu teknik pengumpulan data yang dipakai adalah metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan subyek dalam penelitian yang sekaligus menjadi informan dalam penelitian ini adalah: Ketua DPC PKB Kabupaten Bangkalan, Ketua PPKB Kabupaten Bangkalan, semua anggota petugas DPC PKB yang berjenis kelamin perempuan berjumlah 3 (tiga) orang dan ketua tim penentu calon legislatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa DPC PKB Kabupaten Bangkalan telah berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi politik perempuan dalam parpol dan pemilu hal ini ditunjukkan dengan: Dilibatkannya atau ditempatkannya unsur perempuan dalam tim penetapan atau majelis penetapan caleg yaitu sebuah tim yang betul-betul bisa menentukan posisi caleg dalam nomor urut. Keterlibatan perempuan dalam majelis penetapan caleg pada pemilu 2004 bertujuan agar caleg perempuan dapat diperhatikan secara lebih seimbang. Dibentuknya PPKB merupakan salah satu upaya partai untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam dunia politik, di mana DPC PKB Kabupaten Bangkalan telah memberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk mengelola organisasi sendiri. Melalui PPKB aspirasi kaum perempuan akan disalurkan agar menjadi pertimbangan bagi pemimpin. Untuk mencapai tujuannya PPKB menjalankan beberapa program kerja dengan bentuk pendidikan politik dan sosialisasi politik dalam bentuk seminar, dialog politik dengan materi tentang pengetahuan politik praktis dan pengenalan plat form serta visi misi perjuangan partai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 12 Jul 2012 05:26
Last Modified: 12 Jul 2012 05:26
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11929

Actions (login required)

View Item View Item