PERENCANAAN JADWAL INDUK PRODUKSI UNTUK MEMINIMASI BIAYA PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE LINIER GOAL PROGRAMMING (Studi Kasus : PT. BINTANG BOLA DUNIA MALANG)

INTARI, INTARI (2006) PERENCANAAN JADWAL INDUK PRODUKSI UNTUK MEMINIMASI BIAYA PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE LINIER GOAL PROGRAMMING (Studi Kasus : PT. BINTANG BOLA DUNIA MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERENCANAAN_JADWAL_INDUK_PRODUKSI_UNTUK_MEMINIMASI_BIAYA_PRODUKSI_DENGAN_MENGGUNAKAN_METODE_LINIER_GOAL_PROGRAMMIN1.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Perusahaan Bintang Bola Dunia adalah perusahaan Rokok yang merupakan anak cabang dari perusahaan Rokok Bentoel. Perusahaan Rokok merupakan perusahaan Flow Shop yang mana produk tersebut dibuat secara terus menerus atau secara continue. Untuk itu Perusahaan tersebut dituntut untuk mampu menjamin kepuasan pelanggan. Maka dari itu masalah utama yang dihadapi oleh perusahaan ini adalah kekurangan produk untuk memenuhi permintaan konsumen yang fluktuatif. Hal ini disebabkan perencanaan dan penjadwalan produksi yang dilakukan perusahaan ini bersifat subyektif. Artinya hanya berdasarkan perkiraan dan pengalaman masa lalu, akibatnya permintaan konsumen tidak dapat dipenuhi secara optimal. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diterapkan penjadwalan induk produksi untuk masing-masing jenis produk tiap periodenya. Pembuatan Jadwal Induk Produksi dalam perencanaan produksi dengan menggunakan metode Linier Goal Programming, langkah pertama yaitu meramalkan permintaan untuk memperkirakan jumlah permintaan pada periode yang akan datang dengan menggunkan metode peramalan Time Series, yang mana metode peramalan yang digunakan adalah Moving Average, Sigle Exponential Smoothing, Double Exponential Smoothing, dan Trend Linier, hasil yang digunakan adalah dari metode yang mempunyai MAPE ≤ 10 %, apabila semua metode peramalan yang dianalisa memiliki nilai MAPE ≤ 10% maka dipilih metode dengan nilai MAPE yang terkecil. Langkah selanjutnya adalah membuat formulasi model manual dengan metode Linier Goal Programming yang terdiri dari variabel keputusan, fungsi kendala, dan fungsi tujuan. Sesudah itu dimasukkan dalam program Quantitatif System dan akan diperoleh perencanaan produksi sehingga bisa dibuat Jadwal Induk Produksi. Total biaya produksi sebelum dilakukan analisa sebesar Rp. 94.680.000,00 dan total biaya produksi sesudah dilakukan analisa atau setelah diterapkannya metode Linier Goal Programming sebesar Rp 78.951.500,00. Penghematan biaya produksi yang diperoleh sebesar Rp.15.728.500,00 atau sebesar 16,6 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 12 Jul 2012 02:32
Last Modified: 12 Jul 2012 02:32
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11904

Actions (login required)

View Item View Item