PENGARUH PERBEDAAN KAPASITAS DRUM (TABUNG) VAKUM DAN TINGGI PIPA PENGELUARAN TERHADAP KONTINUITAS ALIRAN PADA POMPA VAKUM

WAHYUDI, NURBET (2006) PENGARUH PERBEDAAN KAPASITAS DRUM (TABUNG) VAKUM DAN TINGGI PIPA PENGELUARAN TERHADAP KONTINUITAS ALIRAN PADA POMPA VAKUM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_PERBEDAAN_KAPASITAS_DRUM.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Dalam penggunaanya air merupakan kebutuhan dasar manusia yang sangat berperan vital, karena menyangkut kelangsungan hidup manusia. Namun dalam praktek sehari-hari air ini tidak selalu berada di tempat yang dapat kita jangkau. Oleh karena itu, diperlukan alat untuk memindahkan air dari tempat yang sulit kita jangkau ke tempat yang dapat kita jangkau yaitu dengan menggunakan pompa. Pompa merupakan mesin fluida atau “pesawat angkut” yang mempunyai tujuan untuk memindahkan zat cair dari suatu daerah atau tepat ke tempat lain. Karena sifat zat cair hanya mengalir jika terdapat perbedaan tekanan tertentu, maka di sini fungsi pompa yang harus membangkitkan perbedaan tekanan tersebut. Sebuah pompa vakum terdiri dari saluran pipa isap, sebuah tabung vakum, dan saluran pipa keluar. Namun dalam pelaksanaanya untuk dapat bekerja dengan baik pompa vakum ini harus memiliki keseimbangan antara air yang diisap dengan air yang dikeluarkan. Hal inilah yang disebut dengan kontinuitas aliran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kapasitas drum (tabung) vakum dan tinggi pipa pengeluaran terhadap kontinuitas aliran pada pompa vakum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan membuat instalasi pompa vakum. Pada sisi isap menggunakan pipa berdiameter ¾ inchi, sedang pada sisi pengeluaran menggunakan pipa berdiameter ¾ inchi. Menggunakan tiga buah drum (tabung) yang berbeda kapasitasnya. Drum1 berkapasitas 120 liter, drum2 berkapasitas 150 liter, dan drum3 berkapasitas 200 liter serta menggunakan tinggi pipa pengeluaran (H2) yang berbeda pula, H21 dengan tinggi 0,50 m, H22 dengan tinggi 0,75 m dan H23 dengan tinggi 1,00 m. Perbedaan kapasitas tabung dilakukan dengan mengambil data dari tiap-tiap drum dengan tinggi pipa isap 7,5 m dan tinggi pipa pengeluaran pada berbagai perbandingan. Kontinuitas aliran diukur dengan pengukuran kapasitas aliran pada saat masuk tabung dan kapasitas aliran pada ujung pipa pengeluaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 10 Jul 2012 07:41
Last Modified: 10 Jul 2012 07:41
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11785

Actions (login required)

View Item View Item