ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO KREDIT PADA PT.BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG MALANG

HUDAIBIYAH, HUDAIBIYAH (2006) ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO KREDIT PADA PT.BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
ANALISIS_PENERAPAN_MANAJEMEN_RISIKO_KREDITPADA_PT._BANK_TABUNGAN_NEGARA_%28PERSERO%29CABANG_MALANG.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian terapan (applied research) dengan judul Analisis Penerapan Manajemen Risiko Kredit pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang . Penelitian terapan merupakan tipe penelitian yang menekankan pada pemecahan masalah-masalah praktis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menerapkan manajemen risiko kredit untuk meminimalisasi terjadinya kredit bermasalah pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang. Data yang dikumpulkan oleh peneliti adalah data primer yaitu data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung dilapangan oleh orang yang melakukan penelitian atau yang bersangkutan yang memerlukanya. Dari hasil analisis kredit diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen risiko kredit pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang telah tercapai, yaitu memiliki Non Performing Loans (NPL) sebesar 3,8%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen risiko kredit dapat meminimalisasi terjadinya kredit bermasalah, sehingga PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang berhasil menekan terjadinya risiko kredit adalah dengan jalan menerapkan konsep 5C dalam pengelolaan menekan terjadinya kredit bermasalah, hal ini terbukti dengan besarnya kredit yang mengandung risiko kecil, sehingga penerapan konsep 5C menghasilkan predikat bank sehat dari segi manajemen. Penulis memberikan saran pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang yaitu, agar PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang dapat menerapkan prinsip prudential, maka pihak bank harus lebih teliti dalam pengendalian risiko kredit dengan penggunaan penilaian sebelum pemberian kredit yang terdiri dari character, capacity, capital, collataeral, dan condition of economy secara matang, sehingga bank dapat menjaga predikatnya sebagai bank sehat dalam pengelolaan kredit. Agar PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang dapat menjaga kepercayaan masyarakat atas ketepatan pelayanan bank, maka pihak bank harus mnejaga keseimbangan antara aspek likuiditas dan profitabilitas dengan pendekatan Manajemen Aktiva Pasiva (MAP) sehingga pihak bank dalam penempatan dana dapat memenuhi tujuan dan pengalokasian dana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 09 Jul 2012 02:22
Last Modified: 09 Jul 2012 02:22
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11483

Actions (login required)

View Item View Item