PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERORIENTASI PADA TEORI PIAGET SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ESTIMASI SISWA KELAS IV SDN LANDUNGSARI 01 DAU MALANG

Wahyu Hidayat, Fajar (2006) PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERORIENTASI PADA TEORI PIAGET SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ESTIMASI SISWA KELAS IV SDN LANDUNGSARI 01 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_YANG_BERORIENTASI__PADA_TEORI_PIAGET_SEBAGAI_UPAYA_UNTUK_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_BERHITUNG_ESTIMASI_SISWA_KELAS_IV_SDN_LANDUNGSARI_01_DAU_MALANG.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari banyak ditemukan masalah yang harus segera diselesaikan dan sekaligus dipecahkan dengan cepat. Salah satu penyelesaian masalah tersebut adalah dengan estimasi. Pengertian estimasi sendiri adalah perkiraan yang mendekati hasil perhitungan atau gambaran hasil perhitungan dengan menggunakan alasan dan metode informal, yaitu metode yang tidak terkait dengan algoritma tetapi dengan pemahaman intuitif dan fleksibel.Dalam melakukan berhitung estimasi akan terbantu bila ada suatu bilangan yang menjadi pegangan atau acuan dasar yang dapat digunakan sebagai bahan referensi (benchmark). Melalui pembelajaran Piaget dengan dua tahap yaitu tahap asimilasi dan akomodasi diharapkan siswa dapat memahami konsep perhitungan dengan menggunakan estimasi. Oleh karena itu. penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran matematika yang berorientasi pada teori pembelajaran Piaget sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berhitung estimasi siswa kelas IV SDN Landungsari 01 Dau Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan. Data yang diambil dari penelitian ini adalah hasil observasi, hasil tes awal, hasil tes akhir tindakan dan wawancara sedangkan sumber data dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Landungsari 01 Dau Malang dan yang menjadi subyek penelitian diambil 6 siswa yang memiliki skor terendah dari hasil tes awal. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada tanggal 19 September – 26 November 2005. Dari hasil analisis diperoleh data aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung dikategorikan baik karena sudah sesuai dengan rencana pembelajaran. Hasil belajar 6 subyek penelitian telah mencapai ketuntasan belajar secara individual yaitu tingkat pemahaman siswa yang 75%, sehingga dapat disimpulkan bahwadijadikan subyek penelitian teori Piaget dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, karena sesuai dengan tahap berpikir siswa yaitu tahap asimilasi dan akomodasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 07 Jul 2012 05:41
Last Modified: 07 Jul 2012 05:41
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11459

Actions (login required)

View Item View Item